Busana Karya Desainer Indonesia Siap Dipamerkan di Korea

Konferensi pers I.K.Y.K (I Know You Know)
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/Viva.co.id

VIVA.co.id – Korea Selatan masih menjadi sorotan dari seluruh dunia dari berbagai sisi, tak terkecuali aspek fesyen para anak mudanya. Oleh karena itu, perpaduan sentuhan baju adat Korea dengan warna modern menjadi sesuatu yang baru untuk disajikan.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Adalah I.K.Y.K (I Know You Know), desainer Indonesia pertama yang menampilkan konsep modest wear atau busana bergaya santun di pasar Korea Selatan tepatnya dalam Fashion Kode 2016 di Namsan, Seoul. Fashion Kode ini berlangsung dua kali dalam setahun, di mana tahun ini akan dilaksanakan pada 18-20 Oktober di Seoul J-Gran House Namsan.

"Di Korea nanti akan ditampilkan 15 looks dengan nama Sinsa Utility untuk spring/summer 2017, temanya culture pop," ujar Creative Director of I.K.Y.K, Anindia Putri dalam acara konferensi pers debut di kawasan Cikajang, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Putri menjelaskan, nama Sinsa diambil berdasarkan nama suatu daerah di Korea Selatan yang dikenal sebagai tempat kumpul anak muda dengan gaya yang tidak biasa.

Mengenai budaya pop yang dimaksud, Putri menuturkan, terinspirasi dari pakaian adat Korea Selatan, yakni Hanbok. Menurut dia, Hanbok memiliki konsep yang sama dengan I.K.Y.K, mencakup potongannya yang unik namun tetap sopan.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

"Modest wear itu kan intinya pakaian tetap menarik tapi masih sopan. Nah, dengan inspirasi Hanbok yang oversized serta siluet A Line dipadukan dengan warna pop modern khas tahun 1980-an, jadi tetap modis tapi sopan," ujar wanita berhijab itu.

Koleksi I.K.Y.K

Dengan kombinasi potongan yang tradisional serta warna-warna cerah dan mencolok, menurutnya, sangat pas dengan tema anak-anak muda di Korea Selatan yang selalu ingin tampil beda dan bebas. Putri menambahkan, koleksi siap pakainya ini juga dicocokkan dengan cuaca dan iklim Korea Selatan di musim panas.

"Karena saat musim panas itu berasa panasnya, jadi tetap saya gunakan fabric yang pas untuk subtropical country dan green oriented," kata dia.

Sementara harga koleksi rancangannya yang dipamerkan di Korea Selatan dibanderol dengan harga mulai Rp1 juta hingga hampir Rp3 jutaan. Tidak hanya di Korea Selatan, Putri juga telah menyiapkan 24 koleksi (sudah termasuk 15 koleksinya) rancangannya untuk ditampilkan di Jakarta Fashion Week pada 28 Oktober 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya