Membekukan Lemak Kini Jadi Tren Baru Langsingkan Tubuh

Mengecilkan perut.
Sumber :
  • Pixabay/Public domain pictures

VIVA.co.id – Inovasi perawatan untuk menghilangkan lemak, serta mengencangkan kulit semakin  dikembangkan. Belakangan, metode cryoliporeduction juga banyak dipilih, karena cukup aman dan non invasif.

Kenali Tanda Awal Diabetes Tipe 2, Penting untuk Diagnosis Dini

Seperti dijelaskan oleh dr Elsa Diella, ?Product Manager at PT Surgika Alkesindo, saat Cosmo Beaute, di Jakarta Conventien Centre, Senayan, Jakarta Selatan, tujuan Cryoliporeduction adalah untuk menciptakan inflamasi pada jaringan lemak subkutan (lemak yang terdapat di bawah permukaan lapisan kulit), sehingga merangsang apoptosis yang akan merusak sel lemak.

"Cryoliporeduction menggunakan suhu dingin pada jaringan lemak secara terkontrol dan dalam waktu yang spesifik sehingga menimbulkan inflamasi pada jaringan lemak dan meningkatkan metabolisme basal," kata dia, Jumat 14 Oktober 2016.

Dokter Ungkap Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam, Ada 4 Tahap!

Lemak menumpuk di lengan.

Ia juga menjelaskan bahwa Cryoliporeduction mengkristalisasi dan menghilangkan jaringan lemak secara bertahap. Dengan suhu sekitar 3-5 derajat celcius, lemak akan dibekukan dan lebih mudah dihilangkan.

4 Tanda COVID-19 Ini Ditemukan di Kulit

Ia juga menambahkan, bahwa untuk mempercepat hasil yang diinginkan, juga harus ditambah dengan metode Acoustic shock wave. Metode ini digunakan untuk merangsang regenerasi kolagen, formasi jaringan ikat, dan menambah permeabilitas sel untuk mengurangi selulit dan memperbaiki tampilannya.

"Bila digunakan setelah cryoliporeduction, acoustic wave akan beraksi pada sel lemak yang beku, meningkatkan degradasi dan mempercepat eliminasi sel ini. Teknik ini jauh lebih efektif daripada massage (memijat) manual," tambah dia.

Teknik ini juga bisa diaplikasikan di beberapa bagian tubuh, yang menjadi tempat tumpukan lemak, seperti perut, paha pinggang, dan bokong. Penggunaannya sendiri, selama satu bulan sekali, dan berlangsung selama tiga kali  perawatan.

"Dengan menggunakan teknik ini, timbunan lemak berkurang hingga 25 persen pada area yang dirawat.  Elastisitas kulit juga meningkat hingga 74 persen, bahkan setelah 3 bulan, elastisitas kulit meningkat hingga 105 persen," kata dia.

Namun, Elisa juga mengingatkan, bahwa metode ini tidak sebaiknya digunakan pada seseorang yang tengah hamil dan menyusui, alergi dingin, demam, dan penderita kanker.

Selama perawatan Cryoliporeduction,  kulit mungkin memerah selama beberapa menit, kulit dapat terasa kencang.

"Tapi akan hilang setelah beberapa menit" kata dia. Sementara penggunaan acoustic wave, risiko yang mungkin timbul yakni kulit dapat terlihat memerah selama beberapa menit, dan dapat terjadi memar ringan

"Kadang terjadi rasa pegal beberapa hari setelah perawatan" tambah dia. Untuk satu kali perawatan, biaya yang dibutuhkan sekira Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya