Kekuatan Dongeng Lebih Efektif Daripada Nasihat

Ilustrasi buku
Sumber :
  • Pixabay/ Mysticsartdesign

VIVA.co.id – Dongeng dipercaya bisa menjadi alat pendidikan efektif bagi anak. Dongeng juga dapat dijadikan media untuk menanamkan perilaku baik pada anak.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Psikolog dan pegiat pendidikan Najeela Shihab, M.Psi bahkan mengatakan dongeng jauh lebih efektif mengubah kebiasaan anak dibandingkan dengan sekadar memberikan nasihat.

Hal ini dikarenakan pada saat mendongeng, orangtua atau guru akan menggunakan metode komunikasi yang disesuaikan dengan anak-anak.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

"Guru atau orangtua kadang mengatakan tidak bisa mendongeng karena tidak percaya sama kekuatan mendongeng. Kalau mereka percaya itu efektif, pasti akan dilakukan," kata psikolog yang akrab disapa Ela ini.

Lebih lanjut, Ela yang ditemui di acara Festival Dongeng Internasional Indonesia di kawasan Semanggi, Jakarta, Selasa, 26 Oktober 2016 menjelaskan bagaimana orangtua sangat percaya bahwa menasihati hal baik bisa mengubah perilaku buruk pada anak.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

"Ini sudah dibuktikan melalui riset bahwa refleksi pengalaman lebih efektif dengan dongeng. Kalau ini sudah dipercaya efektif, mau berapa menit pun akan dilakukan," kata Ela.

Seperti halnya ketika para orangtua percaya bahwa mainan edukatif adalah mainan yang lebih baik untuk anak. Padahal mainan tidak bisa jadi edukasi karena yang terpenting buat anak adalah interaksi dengan orang dewasa di sekitarnya.

Ela pun mengajak para orangtua untuk membangun kepercayaan bahwa dongeng itu efektif dengan cara melakukannya setiap hari. Mendongeng pun tidak perlu keahlian khusus karena siapapun pasti bisa mendongeng. Mulai dengan cerita sederhana kemudian secara perlahan buat cerita jadi variatif.

PM Toh (Pendongeng)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya