Sulit Akhiri Persahabatan yang Tak Sehat, Ini Tipsnya

Ilustrasi sahabat.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA.co.id – Mengakhiri persahabatan bukanlah hal yang mudah layaknya mengakhiri suatu hubungan asmara. Akan terasa sangat sulit dan tidak ada cara mudah untuk mengatakan berakhir.

Sahabat Ungkap Doddy Sudrajat Pernah Buang Barang Vanessa Angel

Meskipun sering dikatakan bahwa persahabatan akan selalu kekal, namun menjaga persahabatan abadi tidaklah mudah. Jika salah satu teman mulai memiliki ego yang tinggi, terus-menerus mengganggu bahkan mulai timbul rasa iri dalam persahabatan, tentu kisah pertemanan ini mulai terasa tak sehat.

Apa pun alasannya, jika persahabatan yang dijalin mulai membuat Anda stres, Anda harus mengakhirinya demi ketenangan diri.

10 Sahabat Rasulullah SAW yang Dijamin Masuk Surga

Setelah semua, tidak ada yang suka berteman dengan seseorang yang selalu membawa Anda pada energi negatif. Jika persahabatan sulit dipertahankan, akan lebih baik untuk diakhiri. Berikut adalah  beberapa cara mengakhiri persahabatan yang tak sehat seperti dilansir laman Times of India.

Bertemu langsung dan mendiskusikan

Kenang Sudi Silalahi, Zulkifli Hasan: Sosok Bersahabat dan Rendah Hati

Anda telah menghabiskan bertahun-tahun waktu menjadi teman baik. Tapi sekarang Anda memutuskan untuk mengajukan tawaran berpisah. Setelah semua, Anda perlu menghargai waktu yang pernah dihabiskan bersama selama bertahun-tahun. Untuk membicarakan perpisahan ini, carilah tempat yang pas untuk bicara secara terbuka.

Anda mungkin akan sedikit emosi saat membicarakan masalah yang dihadapi bersama sahabat, untuk itu, pilih tempat yang tidak ramai. Tempat yang pas yang bisa mendinginkan kepala seperti pantai, danau atau pergi ke restoran pada jam-jam sepi.Bertemu langsung, berbicara dan putuskan untuk berpisah secara damai.

Bicara lewat telepon

Jika Anda berdua berada di dua negara yang berbeda atau tidak dapat menyelesaikan masalah saat bertemu, bicarakan kembali melalui telepon. Mengirim pesan yang panjang tidak akan bekerja. Tidak peduli seberapa jelas Anda menulis, cara ini terkadang justru membuat hubungan makin salah paham.

Untuk itu, pilih waktu yang tepat dan membahas mengapa persahabatan kalian tak sehat dan harus diakhiri. Dengan cara ini, Anda berdua akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara. Bahkan jika yang lain menyalahkan Anda mengatakan sesuatu yang salah, Anda selalu dapat menjelaskannya.

Biarkan memudar

Jika kesalahpahaman antar sahabat sulit dibicarakan, biarkan memudar. Kadang-kadang, perpisahan alami dari sebuah hubungan persahabatan adalah cara terbaik untuk mengakhirinya.

Tentu saja, Anda tidak akan mendapatkan jawaban atau penyelesaian masalah yang memuaskan. Tapi ini bisa menjadi cara terbaik untuk mengakhiri persahabatan yang tak sehat. Setelah beberapa tahun berlalu, ini hanya akan terlihat seperti Anda telah keluar dari hubungan yang cukup lama dibina.

Jangan saling menyalahkan

Anda telah memutuskan untuk mengakhiri persahabatan. Bahkan jika teman Anda semakin jahat, usahakan untuk tidak terpengaruh.

Hal yang harus Anda ingat setelah Anda mengakhiri persahabatan, yang pertama, jangan membicarakan tentang hal itu dengan teman-teman lainnya. Setiap orang akan memiliki pendapat tentang ini dan itu mungkin menyebabkan percakapan yang sangat menghakimi.

Yang kedua, hindari menelepon atau mengirimkan pesan teks pada teman.Jika sudah memutuskan mengakhiri persahabatan, tidak perlu lagi melakukan banyak percakapan. Jika suatu saat persahabatan Anda kembali sehat, jangan pernah ungkit lagi masalah yang telah lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya