Batik Generasi Muda Danar Hadi dengan Sentuhan Modern

Koleksi batik Danar Hadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id -  Batik merupakan salah satu wastra nusantara yang pamornya kini semakin meningkat. Sebagai identitas bangsa, batik sudah sepantasnya mendapat penghargaan setinggi-tingginya dengan mengenalkan dan menampilkan terobosan mutakhir.

Hal ini pula yang melatarbelakangi produsen batik kenamaan Danar Hadi yang mengeluarkan batik dari lini terbaru.  Dinamai DAYS by Danar Hadi, koleksi ini ditujukan untuk generasi muda Indonesia yang berjiwa dinamis.  Selain itu, koleksi ini juga memiliki tujuan untuk menjadikan batik lebih relevan bagi anak muda zaman sekarang dengan sentuhan yang lebih modern.

DAYS by Danar Hadi menampilkan tiga koleksi terbarunya, seperti Basic, Ethnic dan Blank. Bassic collection merupakan jenis batik yang dibuat dengan teknik manual printing yang garis desainnya diadopsi dari ragam hias batik.

Untuk koleksi Ethnic dibuat dengan cara tradisional dan sangat cocok bagi mereka yang memiliki ketertarikan terhadap batik. Dan terakhir adalah Blank, yang memiliki ciri khas motif minimalis dan koleksi ini cocok bagi mereka yang belum familiar terhadap batik.

"Pada hari ini, kami dari tim Danar Hadi meluncurkan lini fesyen batik khusus anak muda, yaitu DAYS by Danar Hadi. Sedikitnya ada tiga jenis batik yang bisa dipilih, yaitu Basic, Ethnic dan Blank," ujar Nega Paramita, Desainer dari DAYS by Danar Hadi kepada VIVA.co.id, Kamis malam, 3 November 2016.

Tetap Stylist Saat Haji dan Umrah dengan Koleksi Busana Ini

Koleksi batik Danar Hadi

Dia menambahkan bahwa koleksi baru ini didominasi oleh gaya edgy dan dinamis. Sementara pemilihan warnanya, yakni merah, hijau, kuning, abu-abu dan jingga.

Ketiga koleksi tersebut memiliki potongan loose asimeteri, boxy shapes dan kasual. Sementara motif yang digunakan pada ketiga koleksi batiknya adalah slobok, dengan perpaduan unsur curvy lines dengan garis geometris modern.

Batik ini ditujukan bagi anak muda. Untuk kisaran harganya sekitar Rp250 ribu hingga Rp1 juta.

"Segmennya sendiri pada batik ini untuk mereka berusia 21 tahun sampe dengan 34 tahun. Batik ini memilki harga yang terjangkau," katanya.

Cantiknya Batik Modern dari Tangan Pengrajin Daerah
Museum Batik Indonesia TMII

Museum Batik Indonesia: Destinasi Wisata Edukasi Baru di TMII

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi baru saja melakukan peluncuran awal Museum Batik Indonesia pada, 12 November 2022.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2022