Batik Terinspirasi Budaya Jawa Berlaga di Slowakia

Koleksi Yavadvipa oleh Alleira Batik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang patut dijaga kelestariannya. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengenalkan batik ke beberapa negara.

Hari Batik Nasional: Mengenal Sejarah dan Makna Batik

Hal ini pula yang kerap dilakukan oleh pioneer batik Alleira. Setelah mengenalkan ke Roma, kini Alleira membawa batik ke Slowakia dalam acara Imperial Festival Mojmírovce by Luxury Magazine On pada 12 Oktober 2016 lalu.

Acara ini dilakukan untuk menghubungkan seni, budaya dan peluang bisnis bagi mitra dari beberapa negara berbeda, seperti Austria, Indonesia, India, Rusia, Israel, dan Ceko. Mengangkat tema Yavadvipa atau Jawadwipa dari bahasa sansekerta, Alleira Batik mengangkat kembali inspirasi kekayaan adiluhur budaya Jawa yang dihadirkan dalam tiga rangkaian.

Rayakan Hari Batik Nasional, YBI Punya Misi Jadikan Batik Sebagai Identitas Generasi Gen Z

"Koleksi ini yang kami bawa ke Slowakia mengangkat tema Yavadvipa terinspirasi dari keagungan dan keindahan budaya bangsa ini. Koleksinya pun dibawakan oleh delapan model profesional dari Slowakia," ujar Anita Asmaya Sanin, selaku Creative Director Alleira dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 8 November 2016.

 

Beautiful collection from Alleira Batik for “Imperial Festival Mojmírovce by Luxury Magazine On #latepost

A photo posted by Alleira Batik (@alleira_batik) on

Batik Moderen Motif Kembang Jadi Tren Kekinian Anak Muda

Dia menambahkan bahwa dalam setiap desain menampilkan keindahan warisan budaya Indonesia, yaitu batik khas Cirebon, Yogyakarta dan Jawa Timur yang dituangkan dalam berbagai material. Beberapa diantaranya, seperti kain tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), supersilk, katun, jacquard, taffeta, dan suede.

Sementara itu, potongan yang diterapkan dalam koleksi ini, seperti boxy, short jacket, coat hingga loose dress dikreasikan dari berbagai material dengan berbagai corak dan motif batik. Selain itu, ditampilkan pula berbagai gaya jumpsuit trendi, fitted dress, A line dress, crop top dan long coat.

"Semua koleksi tersaji dalam warna-warna klasik tempo dulu yang diselaraskan dengan warna-warna masa kini yang modern dan chic, yang akan menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan pencinta batik dalam segala kesempatan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya