Riset: Banyak Teman di Facebook Bisa Bikin Panjang Umur

Logo Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id – Media sosial ternyata tidak hanya menambah pertemanan. Tapi media sosial ternyata juga bisa menambah usia seseorang.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, media sosial telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang  menurun. Artinya memiliki teman lebih banyak di Facebook benar-benar dapat membuat Anda hidup lebih lama.

Studi ini menegaskan bahwa kehidupan sosial yang ada dalam dunia maya benar-benar membawa manfaat di dunia nyata yang sama dengan kehidupan sosial di dunia nyata. Kehidupan sosial yang aktif dan banyak terlibat di berbagai kegiatan sosial dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan sehat, karena itu membantu mereka untuk hidup lebih lama.

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

"Kami menemukan bahwa orang dengan lebih banyak teman di dunia maya lebih panjang umur dibandingkan mereka yang hubungan dengan teman-temannya sudah terputus dan tak terjalin dengan baik. Bukti ini bertentangan dengan pernyataan bahwa media sosial memiliki dampak negatif pada kesehatan,” demikian laporan studi itu, seperti dikutip dari laman Live Strong.

Riset ini dilakukan kepada 12 juta profil media sosial Facebook. Data itu kemudian digabungkan dengan catatan dari Departemen Kesehatan California

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Hasilnya, orang-orang yang aktif menggunakan Facebook dikaitkan dengan tingkat kematian yang paling rendah.

Meski begitu, William Hobbs, peneliti dari Northeastern University, mengatakan bahwa masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui dampak dan efek penggunaan media sosial pada kesehatan dan usia manusia.

"Di titik ini, kami tidak membuat rekomendasi tentang bagaimana orang harus menggunakan media sosial. Ini baik untuk rekam jejak dan menemukan hubungan lain lagi sebelum kita mulai memberikan rekomendasi,” ujarnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya