Iwa K: Buat Karya Itu Bebas, Tapi Harus Bertanggung Jawab

Iwa Kusuma alias Iwa K, rapper kawakan Indonesia, saat ditemui di X2 Club, Plaza Senayan, Jakarta, pada Jumat, 18 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Rapper kawakan Indonesia, Iwa K, punya pandangan sendiri tentang bagaimana memajukan Indonesia lewat berbagai cara. Hal tersebut, salah satunya melalui seni musik.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

"Untuk memajukan negara kita, Indonesia, ada banyak jalan yang bisa diambil. Salah satunya lewat musik, and it's gonna be great," ujar rapper yang besar pada era 90-an tersebut di X2 Club, Plaza Senayan, Jakarta.

Tak pelak, Iwa K menjelaskan, musik merupakan salah satu medium kebebasan yang bisa dilakukan. Dalam musik sendiri, ada kebebasan bagi pelakunya dalam mengambil angle terhadap suatu tema.

G-Dragon BIGBANG Bakal Comeback ke Dunia Musik Secara Global Pertengahan 2024

"Musik dan kebebasan itu ada. Gue bisa mengambil angle suatu tema yang mau diangkat lewat situ, misalnya tentang cinta, tetapi dari aspek kritik sosial," ujar pemilik nama lengkap Iwa Kusuma tersebut.

Kebebasan tersebut, nantinya menjadi modal dalam setiap karya yang digelontorkan. Namun, Iwa berkata, kebebasan juga memiliki batasan yang harus dipahami secara mendalam dan tak bisa diabaikan begitu saja.

Pangeran Harry Terseret Kasus Dugaan Perdagangan Seks dan Pedofilia Sean Combs!

“Buat karya itu bebas, tetapi tetap harus bertanggung jawab. Lapangan bola saja ada garis out, kalau enggak ada, ya apa enaknya bermain bola," ucapnya.

Batasan tersebut, berguna bagi memahami perbedaan yang ada. Lewat sana, Iwa berusaha memahami tentang arti hidup dan bagaimana kiat untuk menjalaninya.

"Alam itu hukumnya perbedaan, tugas kita adalah untuk memahaminya. Perbedaan bakal tetap ada, tinggal bagaimana kita memahaminya," kata pelantun hit Bebas itu.

Iwa K memiliki harapan, agar para musisi Indonesia mampu menancapkan taringnya di jalur masing-masing. Ia mengaku karya asli Tanah Air harus tetap abadi dan dinikmati oleh penduduknya sendiri.

"Ke depannya, gue berharap, agar musisi-musisi kita di sini bisa berdiri masing-masing dan everlast,” kata Iwa. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya