Mengenang Alex Kumara, Bapak Pertelevisian Indonesia

Alex Kumara
Sumber :
  • twitter/alexkumara1

VIVA.co.id – Kepergiannya sontak membuat sejumlah khalayak tercengang. Ya, Alex Kumara, sosok yang dikenal sebagai tokoh cetak biru televisi swasta Indonesia, meninggal dunia pagi ini, Kamis, 24 November 2016, pukul 09.22 WIB, akibat sakit yang dideritanya.

Konser Mini untuk Mengenang Alex Kumara Bakal Digelar

Jauh sebelum dikenal luas, Alex Kumara merupakan sosok pendiri Rajawali Citra Televisi Indonesia. Bersama dengan timnya, selama dua tahun ia membangun konsep televisi swasta tersebut selama dua tahun, hingga akhirnya tayang pada 1 Februari 1988.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa konon, hampir separuh hidupnya, Alex yang merupakan alumni Teknik Elektro Universitas Trisakti itu menghabiskan dalam berkontribusi terhadap industri pertelevisian Indonesia.

Alex Kumara Raih 'Pengabdian Seumur Hidup'

Tak hanya RCTI, sejumlah stasiun televisi swasta telah ia bidani kelahirannya. Sebut saja seperti SCTV, TransTV, dan tvOne. Ia juga pernah masuk dalam jajaran direksi ANTV.

Bersama timnya, Alex bahkan turut memprakarsai kehadiran musisi besar dari dalam negeri hingga mancanegara. Sederet artis tersebut yakni Arkarna, Chrisye, hingga David Foster.

Isak Tangis Mengiringi Proses Pemakaman Alex Kumara

Sepak terjang yang ia lakukan selama lebih dari 20 tahun tersebut, ia akhiri pada 2009. Alasannya sederhana, Alex hanya ingin pensiun dan beristirahat dari hingar-bingar layar kaca.

Namun demikian, kiprahnya yang mengagumkan tersebut tak pelak mengundang rasa sayang dari sejumlah pihak. Mereka ingin agar Alex balik lagi menjadi rajanya televisi Indonesia

Olah karena itu, Alex Kumara pun ditarik untuk kembali berkecimpung dalam dunia pertelevisian dengan mengantar kelahiran Stasiun Televisi B Channel milik pengusaha Peter Sondakh. Sekali lagi, kepiawaian Alex tak pantas buat diragukan.

Bahkan, menjelang kepergiannya, Alex masih aktif dalam menggasak sejumlah proyek. Film Chrisye yang kini sedang dalam tahap penggarapan bersama sutradara Rizal Mantovani, adalah salah satu cikal bakal idenya.

Indonesia kembali berduka atas kepergian sosok penting kancah pertelevisian Indonesia. Sejumlah pihak tentu merasa kehilangan atas wafatnya pria berbudi baik dan cerdas ini.

Kehidupan duniawi hanya sementara, yang kekal bakal berlanjut di akhirat sana. Selamat jalan Alex Kumara, semoga diberi tempat terbaik di sisi-Nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya