Tips Rawat Kain Tenun untuk Menjaga Keindahannya

Kain tenun Anna Mariana
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menjaga dan merawat kain tenun  semestinya dengan cara khusus. Sebab kain tersebut memiliki proses yang berbeda dari kain lainnya, yang tidak melalui proses pabrikan.

Tips Padu Padan, Outfit Lebaran dan Bukber Ala Dian Pelangi Pakai Songket

Kain tenun memiliki proses pembuatan yang cukup lama dengan berbagai hasil warna dan motif yang menarik. Dan untuk menjaga keindahannya, tentunya tidak bisa asal merawatnya.

Menurut desainer senior Ida Leman yang kerap mengaplikasikan tenun pada setiap rancangannya, hal yang pertama kali dilakukan untuk menjaga kain tenun adalah mengenali jenis kainnya. Sebab tenun di beberapa daerah berbeda-beda.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

"Agar warna, motif dan bentuknya tetap indah, perawatannya tidak boleh sembarangan. Pertama, kenali dulu jenis kain tenunnya," ujar Ida kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 19 Desember 2016.

Dia menambahkan bahwa kain tenun yang terbuat dari benang sutera sebaiknya dicuci dengan dry clean. Sedangkan tenun yang terbuat dari bahan lain, seperti katun bisa dicuci menggunakan tangan atau sampo yang tidak memiliki kandungan detergen.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Dia menyarankan untuk menghindari mencuci kain tenun dengan cara direndam terlalu lama, karena dapat merusak kain. Menurutnya, yang sebaiknya dilakukan adalah dengan merendamnya sebentar, lalu diangin-anginkan di tempat yang teduh.

"Pada dasarnya ketika menggunakan baju dari kain tenun pasti tidak akan terlalu kotor, jadi tidak perlu direndam. Tinggal dikucek sebentar dan dibilas,” kata Ida.

Dan ketika ingin menyetrika, pastikan pada bagian luar baju dialasi kertas. Hal ini agar tenun tidak bersentuhan langsung dengan temperatur panas seterika, yang dapat menyebabkan warna memudar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya