Ketahui Manfaat dan Efek Samping Chemical Peeling

Ilustrasi perawatan wajah.
Sumber :
  • Pexels/Breakingpic

VIVA.co.id – Belakangan ini, Chemical Peeling masih menjadi salah satu metode perawatan kulit favorit wanita. Hal tersebut karena perawatan ini akan memberi hasil kulit indah dengan proses perawatan yang sederhana dan instan.  

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Adapun manfaat Chemical Peeling adalah mengurangi atau menghilangkan garis wajah, kerutan di wajah, jaringan parut akibat jerawat dan bercak kehitaman. Perawatan kecantikan ini menggunakan cairan asam untuk mengangkat lapisan kulit paling luar dari kulit yang sudah rusak.

Menurut dokter Ulung Jati dari 8th Avenue Private Skin Clinic, Jakarta, perawatan Chemical Peeling juga jarang menyebabkan komplikasi yang serius. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati untuk melakukannya agar tidak terjadi masalah.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Ia mengatakan, perawatan ini memiliki beberapa tipe, seperti Chemical Peeling ringan, sedang dan dalam.

"Ada banyak medium atau tipe pada Chemical Peeling. Ada yang sedang atau TCA (TrichloroAcetic Acid), ringan dan dalam, dan tentunya berbeda pula dari persenan obat dan produsennya," ucap Ulung saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Semangat Rayakan Masa Terbaik dan Momentum Cantiknya Perempuan Indonesia

Dia melanjutkan, dengan demikian maka tidak jarang pula efek Chemical Peeling menyebabkan kulit terasa terbakar dan perih.

Ya, perawatan Chemical Peeling paling sering menimbulkan efek samping, seperti perih, kemerahan dan pengelupasan kulit. Ulung pun menyarankan agar para pasien rajin menanyakan informasi mengenai Chemical Peeling sehingga mereka tidak menjadi cemas apabila ingin melakukan perawatan.

"Peeling itu tidak jelas kedalamannya, berbeda dengan laser yang bisa dilihat milimeter nya. Peeling tergantung kecakapan dokternya dan kita juga perlu bertanya tentang informasinya, seperti expired obat peeling-nya itu," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya