Bahaya Biarkan Nasi Tetap Hangat di Rice Cooker

Ilustrasi alat menanak nasi elektronik atau rice cooker.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Mengonsumsi nasi dalam keadaan hangat memang akan terasa lebih nikmat. Namun, nasi hangat yang dipanaskan terus-menerus di dalam rice cooker atau magic jar ternyata bisa memicu diabetes.

342 Ribu Rice Cooker Gratis Disebar, Didominasi Wilayah Jawa-Bali

Dampak berbahaya tersebut ternyata diakibatkan oleh rusaknya struktur nasi akibat pemanasan dalam waktu lama di rice cooker. Hal tersebut yang membuat gula di dalam nasi semakin mudah dipecah tubuh.

"Semakin dipanaskan, struktur nasi semakin mudah dipecah tubuh sehingga cepat menghasilkan gula. Oleh sebab itu, nasi yang dipanaskan dalam waktu lama memiliki indeks glikemik lebih tinggi," ujar ahli gizi dr Marudut MPS, kepada VIVA.co.id.

Mudahkan Pekerjaan Emak-emak, 5 Alat Rumah Tangga Ini Wajib Dimiliki

Marudut menjelaskan, suhu rice cooker biasanya bisa mencapai hingga 60 derajat celcius. Sehingga, saat dikonsumsi, tubuh akan dengan cepat menyerap gula dan membuat gula darah menjadi naik.

"Semakin lembek nasi, indeks glikemiknya memang tinggi karena gula mudah dipecah. Ini juga bisa membuat orang cepat lapar dan akhirnya makan dalam waktu berdekatan," jelas Marudut.

Masih Proses Pengadaan, Rice Cooker Gratis Ditargetkan Tersalur Bulan ini

Oleh sebab itu, marudut menyarankan agar nasi yang dimasak di rice cooker sebaiknya dikonsumsi dan dihabiskan untuk satu kali makan. Terlebih, tidak direkomendasikan untuk konsumsi nasi yang sudah dipanaskan di rice cooker dalam waktu lebih dari satu hari.

"Jangan sampai dibiarkan berhari-hari, karena itu kurang baik," kata dia.

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

Siapa yang tidak menginginkan dapur yang efisien dan menyenangkan? Nah, salah satu solusi memasak praktis adalah dengan menggunakan small cooking appliances.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024