Tulisan 212 dan QS 5:51 di Komik X-Men Gold Jadi Kontroversi

Komik X-Men.
Sumber :
  • Marvel

VIVA.co.id – Marvel Comics angkat bicara tentang artwork di salah satu komik X-Men Gold #1 yang mengundang kontroversi. Di artwork tersebut, melibatkan angka-angka yang merujuk kepada ayat Alquran yang kini menjadi polemik di Indonesia. Marvel langsung angkat bicara dan memberikan klarifikasinya.

Sinopsis The New Mutants, Tayang di Bioskop 31 Desember 2020

"Artwork yang disebutkan di dalam X-Men Gold #1 dimasukkan tanpa sepengetahuan di balik maknanya. Hal itu tidak mencerminkan pandangan penulis, editor atau pihak Marvel. Artwork tersebut akan dihapus dari cetakan berikutnya, versi digital dan novel. Tindakan disipliner tentang hal ini juga telah diambil," kata pihak Marvel seperti yang dikutip dari laman ComicBook.

X-Men Gold #1 digambar oleh ilustrator asal Indonesia, Ardian Syaf. Syaf memasukkan angka 212 yang diduga merujuk pada aksi demonstrasi yang dilakukan oleh warga Indonesia terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok,

Heboh Isu Taron Egerton Gantikan Hugh Jackman Perankan Wolverine

Dalam adegan di komik tersebut, terlihat Kitty Pryde yang menarik kerumunan orang untuk menyuarakan tentang intoleransi. Ardian melemparkan kepala Kitty dengan tulisan 'Jewelry' yang terpotong menjadi 'Jew'. Ada pula angka '212?' yang merefleksikan aksi damai.

Di artwork satunya, menampilkan X-Men memainkan baseball. Dalam adegan tersebut, terlihat Colossus yang mengenakan kaus bertuliskan 'QS 5:51' yang merujuk ke surat Al Maidah ayat 51. 

Marvel Bidik Shia LaBeouf Perankan Iceman di Film X-Men Baru

Perlu jadi catatan, X-Men diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby yang merupakan Yahudi. Marc Guggenheim yang merupakan penulis X-Men Gold #1 juga merupakan Yahudi. Dalam cerita tersebut, X-Men dipimpin oleh Kitty Pryde yang merupakan Yahudi dan mantan dari Colossus.

Colosus juga teman baik dari Nightcrawler yang merupakan pendeta katolik dan bagian dari tim X Men. X Men Gold dirilis pada Rabu dan mendapat sambutan baik dari para fans.

Kontroversi baru saja terjadi ketika banyak orang yang memprotesnya di media sosial, Twitter dan Facebook. Belum ada kabar lebih lanjut apakah X Men juga akan mengambil tindakan kepada Ardian. Kabarnya Ardian telah menyelesaikan X Men Gold #2 yang akan rilis pada 19 April.

Sampai saat ini VIVA.co.id masih berusaha mengontak Ardian terkait hal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya