Keterampilan Sosial Tentukan Prestasi Anak

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Mengajarkan pada si kecil agar bergaul dan berteman dengan baik, memang bukan hal yang mudah bagi orangtua. Ada pemahaman yang harus dimiliki orangtua supaya anak bisa berkembang baik di lingkungannya.

10 Tips Mempersiapkan Anak untuk Persaingan di Masa Depan

Orangtua setidaknya harus menerapkan keterampilan sosial pada anak sejak usia dini.

Pemahaman akan keterampilan sosial ini dimulai dari usia dini yaitu dengan melihat cara si kecil berteman dan bekerjasama dengan orang lain di lingkungannya. Selain itu, keterampilan sosial yang baik ditunjukkan melalui cara si kecil mengatasi permasalahan di lingkungannya.

5 Manfaat Bermain Sepakbola untuk Anak, Melatih Fisik Hingga Keterampilan Sosial

"Anak yang sosialnya baik dilihat dari kemampuannya dalam menyelesaikan pertengkaran yang terjadi di lingkungannya. Kalau anak tidak mampu kendalikan emosinya, bisa saja menyakiti dirinya sendiri dan orang lain," ucap Psikologi Anak, Anna Surti Ariani, yang ditemui di Dukungan Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, SGM Eksplor, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Manfaat tersendiri untuk anak yang memiliki kemampuan sosial yang baik adalah mudah diterima di lingkungannya.

Jangan Abai Moms! Ini Dampak Anak Malas Menulis Gegara Sering Main Gawai

"Anak yang sabar menunggu, mengikuti aturan, dan mampu peduli pada anak lain biasanya mudah diterima teman di lingkungannya. Dengan mudah bergaul, maka dia menjadi bisa berprestasi di sekolah," tambahnya.

Nina menjelaskan kaitan antara kemampuan sosial dengan prestasi anak berdampak sangat jelas. Sebab, dengan kemudahan bergaul maka anak menjadi lebih percaya diri serta mampu mengasah kemampuan lainnya yang ditiru dari teman lainnya.

"Bisa mencontoh temannya dalam mengasah kemampuan, jadi mengurangi kesulitan di sekolahnya. Dengan begitu prestasi jadi bagus dan anak bisa menikmati hidupnya,” ujar Anna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya