Psikolog: Dunia Anak adalah Bermain dan Mewarnai

ilustrasi lomba mewarnai
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Sebelum anak Anda memasuki dunia pendidikan yakni sekolah dini sepeti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak), sebaiknya diperkenalkan lebih dulu dunia bermain dan sosial. Tak hanya bisa mengenal dunia luar, anak juga mulai diperkenalkan mewarnai dan mengenal huruf.

Bicara Soal Ruben, Jordi Onsu: Tidak Berkomunikasi juga Bukan Sama Aku Doang

"Anak usia dini yakni 2-3 tahun sebaiknya diperkenalkan dahulu bermain dan sosial. Bagaimana dia berinteraksi dengan anak usia sebayanya," ucap Psikolog anak, Anna Surti Ariani kepada VIVA.co.id, Jumat 30 September 2016.

Lanjut Anna, dunia mewarnai akan bisa juga membuat anak mengenal warna dan gambar. Bagaimana anak mengenal benda yang akan dikenalnya nanti saat beranjak remaja seperti binatang, buah dan alat transportasi.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

"Mewarnai bisa diperkenalkan saat masuk akan masuk PAUD atau preschool. Gambar-gambar yang mudah dulu seperti buah lalu dikenalkan dengan warna apa yang harus dia pilih," ucap Anna.

Mewarnai lanjut Anna juga bisa dilakukan jika anak mengikuti lomba-lomba yang digelar di mal atau di sekolah itu sendiri. Seperti yang dilakukan oleh PT Pegadaian yang menggelar lomba mewarnai bertajuk 'Pegadaian Sahabat Anak' yang diikuti 220 anak yang berasal dari 11 PAUD di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan dan perkembangan pendidikan, kami berkomitmen untuk mendukung masyarakat di sekitar Kecamatan Senen, Jakarta Pusat untuk pengembangan generasi emas, yakni anak-anak kita, sehingga dapat membentuk pribadi anak yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia," kata Arief Rinardi, Deputi Bisnis Pegadaian disela-sela acara Lomba Mewarnai yang berlangsung di TM Kenari Mas.

Ilustrasi kakak beradik.

Ini Fungsi Forum Anak yang Wajib Diketahui

Forum anak ini dikumpulkan berdasarkan hobinya.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2016