Wajib Tahu, 5 Langkah Tepat Merawat Kulit Berjerawat

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Jerawat muncul saat pori-pori di permukaan kulit tersumbat. Pori-pori itu terisi oleh senyawa pada permukaan kulit.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Umumnya sumbatan itu tercipta dari minyak alami di kulit dan sel kulit mati dari dalam pori-pori. Sumbatan ini disebut dengan komedo.

Beberapa kondisi yang bisa memicu timbulnya jerawat adalah perubahan hormon, produk perawatan kulit yang mengandung minyak, keringat dan diet.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Untuk menjaga pori-pori tidak tersumbat dan membuat kulit menjadi sangat berminyak, lakukan langkah berikut dikutip dari laman Medlineplus:

- Bersihkan wajah dengan sabun yang ringan dan tidak membuat kering.
- Cuci muka satu atau dua kali sehari, dan setelah berolahraga. Hindari menggosok atau mengulang mencuci muka.
- Cuci rambut setiap hari jika terlalu berminyak.
- Sisir rambut ke belakang untuk menghindarinya mengenai wajah.
- Hindari menggunakan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Salah satu pilihan skincare untuk mengatasi jerawat diluncurkan oleh Klinik Esther. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Silvia Lerick dari Klinik Esther, Esther Cosmetic diluncurkan sebagai solusi perawatan kulit dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Ada 4 jenis produk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu untuk masalah jerawat, antiaging, kulit kusam, dan kulit sensitif.

“Saat ini produk Clean Wash dan Acne Lotion untuk kulit berjerawat sedang menjadi best seller,” ungkap dr. Silvia Lerick dalam keterangannya. 
Selain rangkaian produk untuk jerawat, ada juga seri brigtening seperti DermaBright Serum dan DermaBright Cream yang cocok untuk mengatasi kulit kusam. Selain itu, Esther Cosmetic juga memiliki keunggulan lain dibanding produk skincare lainnya, yaitu pada seri untuk kulit yang sangat sensitif.

“Kami memiliki produk Calming Mist serta paket bundlingnya yaitu Calming Serum dengan redox water yang mampu menetralkan bakteri, virus, dan jamur patogen yang ada di permukaan kulit,” jelas dr. Silvia.

Lebih lanjut, dr. Silvia memberikan tips yang berguna terutama bagi yang belum menemukan pilihan produk skincare yang tepat.

“Kalau kita mau skincare yang cocok, kita harus tahu jenis kulit kita. Lalu cari tahu, bahan apa saja sih yang dibutuhkan, lalu dicocokkan dengan skincare yang kita pilih,” jelasnya.

Dokter Silvia juga menjelaskan, “Be gentle on your skin, agar skin barrier tidak rusak. Sangat penting untuk memakai pelembap yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya