Kenali Pemicu Utama Alergi Kosmetik

Kosmetik
Sumber :
  • U-Report
VIVAlife -
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Beruntung bagi Anda yang memiliki tipe kulit 'super'. Mengenakan kosmetik apapun tidak menimbulkan efek samping. Tapi bagi yang memiliki kulit sensitif dan alergi pada formula tertentu, gejala gatal, perih dan kemerahan akan dengan mudah muncul.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Bahkan, ketika alergi muncul kulit di area mata dan bibir hingga membengkak. Biasanya, alergi kosmetik muncul karena kandungan alergen pada aroma, pengawet dan pewarna. Untuk bahan pengawet yang banyak digunakan pada kosmetik antara lain formaldehyde dan paraben.
Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim


Keduanya mampu membuat produk tahan lebih lama. Tapi, seperti dikutip dari
Genius Beauty
, makin tinggi bahan pengawet yang terkandung dalam kosmetik maka risiko alergi makin tinggi. Itu karena konsentrasi tinggi bahan pengawet kimia tinggi akan dengan mudah memicu reaksi tubuh.


Bahan lain dalam kosmetik yang memicu alergi adalah formula pewangi. Pada sabun, bedak, lipstik, jika wanginya sangat pekat Anda patut waspada. Itu menandakan formula pewanginya begitu tinggi dan bisa berdampak buruk pada kulit.


Begitu juga pewarna. Ini biasanya terdapat pada blush on, lipstik, dan eye shadow. Sebelum menggunakan kosmetik disarankan untuk mencobanya terlebih dulu di kulit. Lihat reaksinya selama 24 jam.


Jika muncul rasa gatal, panas, kemerahan maka ada formula dalam kosmetik tersebut yang memicu alergi. Dan, apabila kulit dalam keadaan normal, berarti formula kosmetik tersebut aman bagi kulit Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya