Wajib Tahu Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Pelembab tubuh
Sumber :

VIVAlife - Sinar matahari memang baik untuk membantu produksi vitamin D dalam tubuh. Namun berlama-lama terpapar sinar matahari, justru dapat memunculkan masalah pada kulit. Mulai dari iritasi hingga yang paling parah, kanker kulit.

Untuk itu saat keluar rumah, Anda harus melindungi kulit. Bisa menggunakan sunblock atau sunscreen. Keduanya sekilas memang tampak serupa, akan tetapi memiki perbedaan.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Sunblock, seperti dikutip dari Fem Guide, mengandung bahan utama seperti titanium oksida dan seng oksida yang berfungsi untuk memantulkan sinar UVB dari matahari. Pembelokkan sinar ultraviolet ini untuk menghindari kulit agar tidak terbakar. Ini artinya, sunblock tidak memberi perlindungan terhadap sinar UVA.

Sementara sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dengan melakukan penyerapan sinar ultraviolet (UVA dan UVB) sebelum terpapar lebih lama oleh sinar matahari. Sunscreen berfungsi menyaring sinar ultraviolet dan mengurangi paparan radiasi yang dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan lebih cepat.

Untuk memberikan perlindungan maksimal dari sengatan sinar matahari, Anda harus pintar-pintar memilih. Seringkali campuran tabir surya (sunblock dan sunscreen) akan menjadi pilihan terbaik. Tetapi kemungkinan akan dirasa tak nyaman, karena kulit akan terasa lebih berminyak dan tebal. (eh)

Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024