Kebiasaan Buruk Ini Bikin Tidur Berantakan

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
VIVAlife -
Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul
Tubuh fit tak bisa Anda dapatkan jika kurang tidur atau tidur tak berkualitas. Setelah bangun, tubuh bukannya merasa segar tapi lelah, nyeri bahkan pikiran tidak fokus. Pemicunya utamanya adalah selama tidur tubuh tidak beristirahat secara optimal.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Kondisi ini tak bisa dibiarkan. Karena tak hanya berdampak buruk pada kesehatan, tapi juga kestabilan emosi Anda. Coba perhatikan apakah kebiasaan buruk berikut sering dilakukan. Jika iya, segera perbaiki.
Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus


Tidur dengan televisi menyala

Sudah mengantuk namun masih menunda tidur dengan menonton televisi dapat berdampak buruk pada kualitas. Cahaya yang dipantulkan televisi dapat memicu dan merangsang otak untuk terus bekerja dan mengolah informasi. Meski Anda tidur, tetapi otak berpotensi mengalami kelelahan.


Begadang di akhir pekan

Usai sepekan berkutat dengan aktivitas yang cukup menguras tenaga, biasanya orang-orang akan melepas lelah di akhir pekan. Namun para ilmuwan menyarankan agar Anda tidak membiasakan diri untuk tidur larut malam.


Minum minuman keras sebelum tidur

Tak sedikit orang mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir dan
wine
untuk 'obat tidur'. Sebuah studi terbaru, seperti dikutip dari
Philly.com, 
menunjukkan bahwa efek minum minuman beralkohol dapat mengurangi kualitas tidur dan menyebabkan gangguan tidur, seperti mengigau atau tidur sambil berjalan.


Berada di tempat tidur meski tidak mengantuk

Kalau Anda belum mengantuk, sebaiknya tidak berada di atas tempat tidur. Ini karena dapat mendorong Anda untuk terus memejamkan mata. Faktanya memaksakan mata untuk terpejam, dapat memunculkan rasa kecemasan.


Makan malam

Sebenarnya tak ada larangan untuk tidak makan malam sebelum tidur. Namun sebaiknya kalau ingin makan, lakukan satu atau dua jam sebelum beristirahat. Selain untuk menghindari penumpukan lemak, ternyata menghindari makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa membuat Anda sulit tidur. Ini karena, protein sulit dicerna tubuh. Pilih makanan biji-bijian, karena dapat membantu tidur lebih awal. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya