Menilik Sepatu Favorit Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • Twitter.com/Pak_JK

VIVAlife - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) sangat bangga dengan sepatu kulit produksi Cibaduyut, Kota Bandung, miliknya. Ia bahkan mengenakan sepatu itu pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Senin, 20 Oktober 2014 lalu.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Seperti diketahui, kawasan Jalan Cibaduyut telah lama dikenal sebagai pusat pengrajin kulit Kota Bandung. Di lokasi ini terdapat puluhan toko produk olahan kulit seperti sepatu, sandal, dompet, ikat pinggang, tas, dan aksesori lainnya.

Meski berlabel lokal, kualitas sepatu kulit Cibaduyut sudah diakui banyak orang. Wisatawan mancanegara pun tak jarang berkunjung ke Bandung untuk berburu sepatu di Cibaduyut.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Model yang ditawarkan juga tak kalah dengan sepatu kulit keluaran merek ternama dari luar negeri. Sepatu kulit jenis pantofel, kasual, safety shoes, hingga sepatu bot model lama maupun terkini bisa didapat di Cibaduyut.

Lantas apa model sepatu yang disukai JK? Pemilik JK Collection, Ella Erlina, adalah salah satu orang yang mengetahui benar selera alas kaki JK. Sejak pertama kali menggunakan sepatu JK Collection, kata dia, orang nomor dua di Indonesia itu selalu memilih model yang sama.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

"Pak JK senang yang simpel, tidak banyak motif dan aksesorinya. Kalau selain warna hitam dia tidak mau," ujar Ella di showroom JK Collection, Jalan Cibaduyut, Rabu, 22 Oktober 2014.

Nama JK Collection pertama kali dipakai Ella pada 2009 lalu. Saat itu, JK tengah mengikuti acara debat presiden yang digelar Kadin. Selepas acara, JK mengunjungi stan pameran sepatu Cibaduyut. Dari situ, JK selalu memakai dan mempromosikan sepatu hasil karya para pengrajin dari Cibaduyut.

JK memang gagal melenggang ke Istana Presiden pada Pilpres 2009 lalu. Namun, kata Ella, kegigihan pria asal Sulawesi Selatan itu mempromosikan produk dalam negeri berhasil mendongkrak popularitas dan omzet pengrajin sepatu di Cibaduyut.

"Bukan hanya JK Collection yang diuntungkan, tapi seluruh pengrajin sepatu di Cibaduyut. Pengrajin semua merasakan, orang dari luar Bandung datang mencari sepatu Cibaduyut," ucapnya.

Pemilik JK Collection Ella Erlina

Pemilik JK Collection, Ella Erlina menunjukan model sepatu yang digunakan JK saat dilantik sebagai Wakil Presiden RI. Foto: VIVAnews/Ari Ramadhan

Ella menambahkan, sepatu JK Collection diproduksi oleh beberapa pengrajin sepatu di Cibaduyut. Tokonya juga menjual beberapa produk kulit lain seperti jaket dan ikat pinggang hasil karya para pengrajin di Cibaduyut.

Mendapat angin segar dari pejabat negara yang rela mempromosikan produk dalam negeri, JK Collection tidak lupa diri untuk meningkatkan kualitas produksi mereka. Manajer Marketing JK Collection, Dicky, mengaku tidak akan mengurangi kualitas produk karena merasa sepatu mereka telah populer dan laris manis di pasaran.

Penjualan sepatu JK Collection kembali naik saat JK maju sebagai wakil Jokowi untuk bertarung di Pilpres 2014 beberapa waktu lalu. Hal ini sempat dimanfaatkan segelintir orang untuk membuat produk tiruan dengan label yang sama.

"Ya yang seperti itu ada. Tapi, masyarakat juga sudah cerdas. Mereka bisa membedakan mana yang asli dan palsu," ujar Dicky. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya