Ini Alasan Wanita Harus Menghindari Kosmetik Kadaluarsa

Ilustrasi kosmetik atau make up
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tujuh Bahaya Memakai Kosmetik Setiap Hari
- Perempuan tidak dapat menghindari penggunaan produk kosmetik. Pada kenyataannya, kosmetik adalah bagian dari kehidupan wanita sehari-hari. Penggunaan produk kosmetik bertujuan agar wanita terlihat lebih cantik dan mempunyai rasa percaya diri. 

Mitos Salah Kaprah Soal Kosmetik Mineral
Setiap produk kosmetik pasti memiliki masa pakai yang terbatas, dan bisa berdampak buruk jika terus digunakan. Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan alat make up tersebut. Padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan.

Waspada Kosmetik Dibuat dari Bahan Berbahaya
Seiring berjalannya waktu bakteri dapat masuk ke dalam alat make up yang sudah pernah dipakai atau terbuka. Hal ini bisa menyebabkan bakteri tersebut ditransfer ke wajah yang dapat menimbulkan iritasi atau infeksi.  Kosmetik yang kadaluarsa akan bekerja buruk dan hal itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda, sehingga kemungkinan akan terjadi komplikasi bahkan peradangan.

Dilansir Genius Beauty, konsistensi masa berlaku produk kosmetik tidak selalu sama, seperti maskara, lipstik, dan foundation jika kelamaan menjadi kering. Hal itu merupakan sedikit tanda-tanda yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Selain itu, salah satu ciri yang menandakan alat make up tersebut sudah melebihi batas waktunya, bisa dilihat berdasarkan dari bau dan warnanya yang mulai berubah. Bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan make up kadaluarsa ini mulai dari gatal, iritasi ringan hingga masalah dermatitis lain yang lebih serius.

Jadi untuk rekomendasi masa penggunaan kosmetik wajah, umumnya baik diganti tiap satu tahun. Seperti, eyeliner dan eye shadow menggantinya sekali atau dua kali setahun, lipstik dan lip gloss setahun, bedak dan foundation setahun setengah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya