Enam Jenis Kosmetik Ini Berpotensi Bahayakan Kulit

Ilustrasi kosmetik atau make up
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
- Tahukah Anda bahwa ada banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kulit dan kesehatan. Adanya hal tersebut diduga adanya kesengajaan untuk mendapatkan efek instan dan menekan biaya produksi. 

Tujuh Bahaya Memakai Kosmetik Setiap Hari
Ada banyak beberapa kosmetik yang dinilai berbahaya untu kesehatan, karena mengandung beberapa bahan kimia yang dilarang seperti, rhodamin, cemaran logam berat Pb, dan merkuri. Berikut ini beberapa kosmetik yang dapat dapat membahayakan kesehatan kulit dilansir Boldsky.

Mitos Salah Kaprah Soal Kosmetik Mineral
Pelembap

Semua orang menyatakan bahwa pelembap dan krim adalah suatu keharusan yang diterapkan setelah mandi. Meskipun terlihat adanya perubahan yang baik pada kulit, Anda harus tahu bahwa sebagian besar krim wajah mengandung minyak mineral dan parafin yaitu bahan yang dapat meningkatkan hilangnya kelembapan dari kulit.

Cat kuku

Kosmetik terburuk yang dapat membahayakan kulit Anda adalah cat kuku. Warna-warna gelap terlihat trendi dan indah, namun cat tersebut mengandung bahan kimia yang berdampak negatif pada kuku. Menghapus cat kuku kuat dengan aseton ternyata juga berbahaya karena melemahkan kekuatan kuku.

Lipstik

Memakai lipstik ternyata dapat menghilangkan kelembapan bibir Anda, tetapi tidak untuk lip balm. Sebelum memakai lipstik sebaiknya oleskan lip balm. Hal ini juga dipercaya bahwa lipstik dan lip gloss mengandung minyak dan bahan kimia yang dapat merusak bibir daripada membantu untuk terlihat cantik.

Pewarna rambut

Sebelum mewarnai rambut, penting untuk mengetahui bahwa akan ada reaksi alergi terhadap pewarna dapat menyebabkan rambut rontok, terbakar, kemerahan, kulit kepala gatal, wajah bengkak dan kesulitan bernapas. Ini adalah salah satu kosmetik lain yang dapat membahayakan kulit Anda. 

Pemutih

Pemutih mengandung bahan kimia yang dapat mengangkat minyak dan menjaga kulit Anda tetap lembut dan lentur. Pemutih juga mengandung hydroquinone yang merupakan zat kaustik dapat menyebabkan kemerahan, mengelupas, ruam, kering pada kulit ketika digunakan. Pemutih adalah salah satu dari banyak kosmetik yang membahayakan pada kulit.

Waxing

Waxing ternyata dapat membuat kulit Anda kasar dan mengendor. Waxing juga menyebabkan rambut yang tumbuh bukan keluar melainkan ke dalam kulit, benjolan merah, dan pendarahan kecil. Jika Anda mencoba melakukan waxing pada wajah Anda untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan, maka selama periode yang tidak ditentukan kulit akan melorot dan menyebabkan timbulnya keriput.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya