Cara Menjaga Kulit Cerah Alami Saat Puasa

Kulit wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjaga kulit tetap terlihat cerah dan tidak kusam, merupakan hal yang sederhana, namun cukup sulit dilakukan. Beberapa hal di bawah ini mencakup cara-cara sederhana, agar kulit tetap cerah alami selama berpuasa.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

"Poin pertama adalah selama puasa, harus jaga konsumsi air yang cukup, minimal delapan gelas per hari, karena air merupakan komponen terbesar dari tubuh," ujar dr. Nur Dalilah spKK dalam keterangan tertulis pada viva.co.id beberapa waktu lalu.

Menurutnya, konsumsi air yang cukup akan mempermudah proses penggantian permukaan kulit. Sehingga, secara tidak langsung, kulit mati akan lebih mudah dilepaskan dari sel di bawahnya.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Lebih lanjut, menjaga kesehatan kulit agat tetap cerah juga harus dengan perawatan yang dilakukan disela-sela aktivitas. Perawatan sehari-hari tersebut sebaiknya rutin, terutama saat berpuasa.

"Untuk wajah, minimal ada pelembap wajah, serum, dan tabir surya. Untuk kulit wajah yang bermasalah, biasanya juga butuh krim malam," tambahnya.

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Dokter spesialis kulit itu juga membeberkan bahwa pola makan sangat berpengaruh untuk kulit sehat dan cerah alami. Ia menjelaskan, agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis selama berpuasa.

"Jika berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang tinggi indeks glikeminya seperti roti, atau makanan cepat saji misalnya mi instan, justru memicu terjadinya jerawat," paparnya.

Ia menyarankan, sebaiknya jenis makanan tersebut dibatasi sesuai porsi, misal hanya maksimal 20 persen dari total menu. Ia juga mengingatkan, pentingnya peran sayur dan buah untuk mencerahkan kulit secara alami. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya