Panduan Sembuhkan Jerawat di Usia Dewasa

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA.co.id – Kebanyakan orang mengalami jerawat hanya saat remaja, namun ada juga yang masih mengalaminya hingga usia dewasa. Penelitian mengungkapkan, sepertiga dari jumlah pria dan wanita masih mengalami masalah kulit pada usia dewasa.  

Penting Tahu, 10 Tanya Jawab Pengobatan Kulit Berjerawat

Jika, losion atau ramuan penghilang jerawat dari apotek juga tidak banyak membantu menghilangkan jerawat Anda, seorang dermatolog di klinik Dr Fraces Prenna Jones, Emma Winders berbagi panduan mudah untuk menyembuhkannya, seperti dilansir dari Daily Mail.

Pakai asam salisilat

Cara Mencegah Terbentuknya Bekas Luka Akibat Jerawat

Ketika orang mencoba rutinitas perawatan kulit baru, beberapa akan mempertimbangkan menggunakan asam salisilat sebagai tambahan rezim kecantikan mereka sehari-hari. Menurut Emma, bahan itu salah satu perawatan yang paling populer dan efektif untuk kulit. Dia menyarankan mencuci kulit dua kali seminggu dengan bahan tersebut.

"Masalah jerawat disebabkan karena dehidrasi, minyak yang berlebihan, peradangan, pembengkakan dan bakteri. Mencuci dengan asam salisilat dapat mengurangi peradangan, membersihkan bakteri dan penyumbatan di pori-pori," kata dia.

Pil KB Bisa Atasi Jerawat Meradang

Lakukan pengelupasan kulit

Emma merekomendasikan rutin ke klinik dokter kulit untuk melakukan pengelupasan kulit. Sebab, cara itu dapat membuka pori-pori yang tersumbat, mencerahkan, menyegarkan dan membuat lapisan kulit menjadi sehat serta merangsang produksi kolagen.

"Orang-orang dengan kulit rentan berminyak dan berjerawat harus melakukannya secara konsisten," kata dia.

Lakukan ekstraksi

Ekstraksi jika dilakukan dengan cara yang baik akan aman untuk kulit. Namun, menurut dia, harus diikuti dengan terapi cahaya LED untuk membantu memperbaiki kondisi kulit.

"Ini sangat fantastis untuk jerawat karena membunuh bakteri, kembali menghidrasi kulit Anda, meningkatkan produksi kolagen, menenangkan, membantu meredakan peradangan pada jerawat," kata Emma.

Cek kosmetik

Kosmetik sama pentingnya dengan perawatan kulit Anda. Karena itu, Anda harus yakin 100 persen bahwa kosmetik yang Anda gunakan tidak menyumbat kulit dan menutupi jerawat, menenangkan, menyejukkan, antiinflamasi dan memungkinkan kulit bernapas.

Konsisten

Emma menyatakan bahwa konsistensi melakukan perawatan adalah kunci untuk kulit sehat. Misalnya, lakukan pembersihan, pengelupasan secara rutin, dan berhenti mencoba produk kosmetik yang berbeda-beda. Selain itu, saran dia, jangan lupa menerapkan pelembap wajah tabir surya dengan SPF 40 setiap hari jika ke luar rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya