Kontroversi Desain Baju Boyband EXO, Plagiat?

EXO
Sumber :
  • Facebook.com/exok

VIVA.co.id – Inspirasi desain bisa datang dari mana saja. Tak jarang, inspirasi itu menuai kontroversi lantaran dianggap plagiat. EXO, boyband populer Korea, bersama SPAO, brand fesyen yang sudah lama dikenal bekerja sama dengan para artis SM Entertainment ini belum lama merilis desain sweatshirt yang dituding meniru desain aktor Yoo Ah In.

Suho EXO Kembali Rilis Album Solo Bulan Depan

Dilansir KpopHerald, SPAO x EXO merilis desain bertuliskan nama para anggotanya dengan huruf alfabet yang dicampur dengan huruf Korea atau hangeul. Desain ini dibuat untuk merayakan Hangeul Day di Korea pada 9 Oktober lalu.

Bukti Rekaman Terungkap, Pelecehahan Seksual Kris Wu Hanya Tipuan?

Dari sejumlah gambar yang beredar di media online, nama para anggota yang jadi desain sweatshirt tersebut memang mirip dengan desain yang pernah dibuat lini fesyen aktor Yoo Ah In. Menariknya, aktor yang berperan dalam film Veteran tersebut sudah merilis desain itu sejak tahun 2014.

Saat itu, Yoo Ah In mengatakan ingin menonjolkan keindahan kombinasi huruf alfabet dalam Bahasa Inggris dan juga huruf Korea melalui desainnya. Sumber mengatakan bahwa tidak ada pembicaraan apapun terkait desain yang mirip ini kepada Yoo Ah In sebelumnya.

Tao Eks EXO Digosipkan Pacaran sama Aktris China Xu Yiyang

Pihak Yoo Ah In baru menyadari setelah produk tersebut dirilis ke pasar. Namun SPAO diketahui sudah menghentikan penjualan beberapa produk kontroversial ini dengan alasan stok sudah habis.

SPAO juga menyangkal adanya unsur plagiat karena sudah banyak sekali desain yang mengombinasikan huruf Korea dan Inggris tersebut.

Yoo Ah In pernah mencantumkan kata Seoul, New York, Tokyo, Paris, London, dan Milano yang ditulisnya dalam huruf  Bahasa Inggris dan Korea pada desainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya