Kesalahan Menyisir yang Bisa Merusak Rambut

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Menyisir rambut adalah kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang, terutama wanita. Namun, ada beberapa kesalahan yang tanpa sengaja dilakukan dan justru dapat merusak rambut Anda.

Menjiwai Aktivitas, Sudahkah Anda Melakukannya?

Jadi tidak hanya memilih sampo atau kondioner yang tepat untuk membuat mahkota alami Anda mengkilap dan indah, namun menyisir juga berperan menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Mengenai hal ini, penata rambut Josh Woo Atelier, Rob Fitch mengungkapkan, ada beberapa kesalahan menyisir yang seharusnya bisa dihindari.

Kesalahan pertama, kata dia, adalah menyisir ketika rambut masih dalam kondisi basah. "Oleskan sedikit kondisioner, gunakan sisir bergigi lebar dan mulai (menyisir) dari akar hingga ujung rambut," kata dia, seperti dilansir dari Daily Mail.

Tips Menyisir Rambut agar Tumbuh Subur

Jika rambut benar-benar kusut, Anda dapat mengurainya secara perlahan dalam beberapa bagian, jangan langsung menariknya dengan menggunakan sisir. Namun, Anda bisa menggunakan sisir basah untuk menjinakkan rambut kusut, dan setelah kering, gunakan sisir dengan bulu lembut untuk membantu merangsang kulit kepala dan mendistribusikan minyak alami ke seluruh rambut.

"Jika Anda memiliki rambut keriting, jangan pernah menyisir rambut saat kering. Sebaiknya pakai jari untuk menyisirnya," ujar dia.

Tiga Manfaat Sisir Rambut Tiap Hari

Sementara penata rambut lainnya, Neil Moodie menyatakan bahwa kesalahan paling umum yang dilakukan wanita saat menyisir adalah tidak cukup menyisir rambut. Menurut dia, rambut memiliki umur sekitar tujuh tahun dan rata-rata akan rontok sekitar 120 helai setiap harinya untuk diganti dengan yang baru.  

"Jika Anda tidak menyisir rambut Anda, maka rambut-rambut ini tidak akan lepas," ujarnya.

Dia menuturkan bahwa menggunakan sisir yang benar adalah hal paling penting ketika menyisir rambut. Menyisir rambut dengan sisir yang baik dapat merangsang kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya