Empat Kesalahan Perawatan Wajah yang Memicu Iritasi

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA.co.id – Seringkali kulit wajah terasa merah dan perih usai mengenakan pembersih di pagi hari. Ternyata, hal tersebut bisa dipicu oleh kesalahan dalam membersihkan kulit, yang dilakukan secara rutin setiap pagi.

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Banyak yang belum menyadari bahwa kulit wajah yang iritasi dan memerah, bukan hanya dipicu oleh produk tapi juga dari cara merawatnya. Untuk itu, berikut beberapa kesalahan rutinitas perawatan wajah yang bisa merusak kulit Anda, seperti dikutip dari Glamour.

1. Sering mencuci wajah

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Jika kulit Anda memerah dan iritasi setelah mencuci wajah di pagi hari, mungkin saja wajah jadi kehilangan minyak alami yang selama ini melindungi lapisan kulit. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, cukup menggunakan air biasa untuk membasuh wajah.

2. Salah mengaplikasikan produk

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Beberapa produk kulit yang dibutuhkan wajah menjadi pelindung saat melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, tahapan dalam menggunakan produk tersebut harus sesuai aturan agar dapat diserap kulit secara maksimal.

Pertama, gunakan sabun pencuci, dilanjutkan dengan serum wajah, tabir surya, pelembap dan krim mata.

Ilustrasi sabun

3. Memakai banyak produk sekaligus

Di luar sana, sudah banyak beberapa produk kulit yang diperdagangkan dengan berbagai kandungan. Tapi, tidak semua produk dapat diaplikasi secara bersamaan, karena bisa menyebabkan kemerahan, peradangan dan pengelupasan.

Jika pemakaian antioksidan digabung dengan retinol, obat jerawat dan alpha hydroxy acids akan menyebabkan bencana. Sebaiknya aplikasikan diberi jeda untuk meminimalkan iritasi.

Anda bisa menerapkan satu produk terlebih dahulu, kemudia tunggi satu menit untuk menerapkan produk lainnya. Sebaiknya pilih produk yang bebas pewangi.

4. Tidak langsung menerapkan produk setelah dibersihkan

Jangan membuat kulit menunggu terlalu lama untuk pengalplikasian produk. Aplikasikan produk, seperti toner, serum, krim mata dan pelembap tidak lama, setelah wajah dibersihkan, saat kulit masih basah dan pori-pori kulit masih terbuka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya