Tips Pola Makan agar Kulit Kencang dan Awet Muda

Song Ji Hyo.
Sumber :
  • allkoreanupdate

VIVA.co.id – Kulit yang sehat merupakan dambaan banyak orang. Untuk memiliki kulit kencang tersebut, banyak hal yang memengaruhi, salah satunya kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat.

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Agar memiliki kulit yang sehat, harus dibentuk dari lapisan dalamnya yakni kolagen. Kolagen merupakan sumber terpenting yang membuat kulit menjadi segar dan kenyal serta awet muda. Agar kolagen terus terbentuk dengan baik, ternyata makanan sehat sangat memengaruhinya.

"Untuk membuat kulit tetap kencang, hindari makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi atau yang sumber gulanya banyak sehingga memengaruhi terbentuknya kolagen," ujar spesialis kulit dan kelamin, dr. Nur Dalilah SpKK, di Ultimo Aesthetic and Dental Center, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Menurut dokter Dalilah, makanan yang tinggi gula berperan untuk memicu kerusakan kolagen yang baru terbentuk. Padahal, kolagen-kolagen baru itu sangat dibutuhkan kulit guna mengencangkan dan membuatnya nampak awet muda.

"Jenis makanan dengan indeks glikemik yang tinggi itu nasi putih, fast food, mie instan, roti biasa, cokelat. Mungkin bukan dihindari, tapi lebih dikurangi saja," ujarnya menambahkan.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Ia menambahkan, bisa juga makanan tersebut digantikan dengan sumber yang lebih sehat seperti nasi merah dan roti gandum. Selain itu, pilihan sumber makanan sehat sangat dianjurkan agar membentuk kolagen secara sempurna di tubuh.

"Perbanyak sayur mayur dan buah. Pilihan lainnya mungkin beli jus dengan sumber bahan yang dari sayur dan buah asli, itu sangat membantu jika dikonsumsi secara rutin," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya