Cara Efektif Merawat Wajah di Usia Kepala Tiga

Ilustrasi wajah perempuan.
Sumber :
  • Pixabay/futurials

VIVA.co.id – Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit sehat dan terawat. Namun, memasuki usia kepala tiga atau 30-an biasanya tanda-tanda penuaan pada wajah akan muncul, sehingga menurunkan rasa percaya diri.

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Biasanya penuaan yang tampak terlihat seperti bintik cokelat muda, oranye, pigmentasi, dan garis halus. Karena itu, perawatan rutin harian untuk mencegah penuaan dini pun tidak boleh dikesampingkan.

Menurut ahli kulit, dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK, pada usia 30-an, kulit akan lebih berminyak dan sensitif bila menggunakan produk kosmetik tertentu.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Penuaan yang terjadi biasanya diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon. Misalnya, ketika perempuan memasuki masa kehamilan atau menstruasi. Untuk itu, mereka harus rajin melakukan perawatan, seperti menerapkan krim malam dan krim mata pencegah keriput.

"Bertambahnya usia atau memasuki kepala tiga, perawatan kulit haruslah diperhatikan. Mereka bisa menerapkan krim malam untuk meregenerasi kulit saat kulit mereka istirahat dan menerapkan krim di bawah mata untuk cegah keriput," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Dia menuturkan bahwa jangan lupa menerapkan serum sebelum menerapkan krim harian untuk membantu kulit tetap ternutrisi dan segar. Para wanita di usia 30-an juga harus rutin melakukan dermabrasi, peeling, dan masker satu hingga dua kali dalam sepekan.

Kendati demikian, sebelum memutuskan melakukan perawatan haruslah mengenali tipe kulit terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa membaca label produk kosmetik yang akan diterapkan.

Khusus untuk kulit sensitif, Sari menuturkan, harus melakukan scrubing pada wajah setidaknya sekali sepekan untuk mengatasi kulit kusam dan mengangkat sel kulit mati. Dan bagi yang memiliki kulit wajah kering, cuci wajah cukup dua kali sehari demi menjaga kadar minyak tetap normal.

Sementara itu, bagi kulit berminyak, bisa mencuci wajah lebih dari dua kali sehari. Selain itu, jangan lupa menerapkan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar Matahari, dengan mengulangi pemakaiannya setiap 2-4 jam untuk aktivitas di dalam ruang, sedangkan di luar ruang setiap 4-6 jam.

Tidak sekadar itu, perawatan dari dalam tubuh tidak boleh dilupakan. Misalnya, cukup mengonsumsi air putih dan tidur, serta olahraga secara rutin. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya