Trik Padu Padan Tampil Cantik dengan Songket

Desainer songket dan tenun, Anna Mariana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Sama halnya dengan motif batik, kain songket modern kini juga tak kalah menarik perhatian karena bisa dipadukan dengan busana lain. Dengan begitu, para pecinta fesyen dapat dengan mudah menata gaya mereka agar terkesan cantik, modis dan nasionalis.

Ketika Kain Songket Dikemas Sesuai Gaya Kaum Urban

Namun agar tidak terkesan berlebihan tentunya trik padu padan juga penting diperhatikan. Menurut desainer kain tenun dan songket, Anna Mariana, perhatikan dulu karakter si pemakaian untuk memadupadankan songket dengan busana lain.

"Saat memadupadankan songket dengan item fesyen lainnya, hal utama yang harus diperhatikan adalah karakter yang memakainya. Ini penting untuk mengetahui dengan betul jiwa dan passion, sehingga tidak terlihat too much," ujar Anna di Jakarta.

Unggan, Nagari Terpencil Penghasil Songket Berkualitas Tinggi

Ketua Yayasan Sejarah Kain Tenun Nusantara ini menuturkan, bagi anak muda dapat menonjolkan songket dengan warna-warna cerah agar terlihat ekspresif. Untuk atasannya, Anda bisa memadukannya dengan warna dan motif kain songket yang dikenakan.

Selanjutnya, saran dia, cocokkan dengan salah satu aksen atau aksesori. Cara ini mampu memberi penegasan pada penampilan Anda.

Negara Ini Terpesona Kecantikan Songket Lombok

Trik lainnya, Anda bisa memilih blazer songket dengan bawahan baik celana atau rok berwarna hitam. Paduan ini dapat menampilkan aura positif saat menghadiri acara formal.

Anna menuturkan, untuk memberi tampilan lebih modis tanpa menghilangkan sisi nasionalisme, Anda bisa memilih outer berbahan songket dengan padu padan celana jeans dan kaus. Ini dapat memberi kesan kasual edgy bagi si pemakai.

Sementara bagi yang ingin bergaya santai, dapat mengkreasikan celana kulot dari kain songket dengan atasan blus polos. "Tidak hanya blazer, kemeja atau long dress juga bisa dan cocok dibuat dari kain songket. Bahkan celana santai seperti kulot pun bisa," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya