Faktor Pemicu Penuaan Dini pada Kulit

Kulit wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seiring dengan pertambahan usia, kulit akan mengalami proses penuaan. Hal pertama yang terjadi adalah pengelupasan yang lebih lambat.

Penuaan Bisa Muncul Sebelum Usia 25 Tahun, Buruan Perawatan Yuk!

Menurut penjelasan dr. Eddy Karta, SpKK, pada proses penuaan kulit kita pertama kali akan mengalami pengelupasan yang lebih lambat.

"Pengelupasan lebih lambat itu tanda (proses penuaan kulit) yang pertama, dalam 30-35 hari kulitnya menjadi lebih kusam. Kapan terjadinya? Biasanya dengan bertambahnya usia tapi bisa juga karena abuse (penyalahgunaan)," ujar ahli kulit dr. Eddy kepada VIVA.co.id.

Inilah Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempercepat Penuaan

Contoh abuse pada kulit adalah kulit yang menjadi kering akibat pemakaian make-up, berada di ruangan ber-AC terus menerus, atau ketika masuk kendaraan langsung menyalakan pendingin ke arah wajah. Hal tersebut membuat kulit menjadi lebih cepat kering dan ketika kering, proses pengelupasan menjadi lebih lambat. Di saat itulah proses penuaan dimulai.

Akibat proses pengelupasan yang lebih lambat, kulit pun menjadi lebih gelap dan kusam. Kondisinya akan menyerupai kulit yang habis terjemur atau setelah berenang, meski tidak separah itu.

Bahaya Polusi Bagi Kesehatan Kulit Kepala

"Kurang lebih akan seperti itu, karena kulit mati jadi menumpuk," katanya.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan, kata dia, adalah dengan menggunakan tabir surya. Selain itu, selalu memakai pelembap di malam hari yang disesuaikan dengan kondisi kulit.

Sementara pada wanita yang sudah mencapai usia 30-an, wajib mengaplikasikan pelembap. Alasanya, pada usia tersebut, kulit akan cenderung lebih kering.

"Jadi harus benar-benar dirawat, tidak boleh tidak," kata dia. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya