Pakai Kerudung di Vogue Arab, Gigi Hadid Dikecam

Gigi Hadid
Sumber :
  • instagram.com/deenathe1st

VIVA.co.id – Model Gigi Hadid baru saja tampil di sampul majalah Vogue Arab Saudi. Dalam sampul monokrom tersebut, dia memakai kerudung dengan cara tak biasa.

Ayah Model Gigi-Bella, Mohamed Hadid Sindir Joe Biden Karena Bela Israel

Dikutip dari Daily Mail, Gigi dikecam karena menggunakan kerudung sebagai tren, bukan bagian dari busana keagamaan yang banyak dikenakan Muslimah di seluruh dunia. Selain foto monokrom dengan sebagian wajah Gigi ditutupi kerudung, foto lain menunjukkan wanita berusia 21 tahun itu mengenakan kerudung berwarna yang menggambarkan gaya unik wanita Arab.

Dalam akunnya di Instagram, wanita berdarah Palestina-Amerika itu menulis bahwa berbagi budaya adalah hal yang indah. Dia berharap, Vogue Arab Saudi akan menunjukkan sisi lain dari keinginan industri fesyen untuk menerima, merayakan dan menyatukan masyarakat dan budaya.  

Anwar Hadid Tunaikan Ibadah Umrah, Kembali ke Islam?

Namun netizen yang marah menuduh model berdarah Palestina-Amerika ini melakukan apropriasi budaya lantaran penggunaan kerudung sebagai fashion statement yang mencoreng kesakralannya. "Kerudung bukanlah budaya," tulis netizen.

Sementara ibu Gigi, Yolanda memberikan dukungan pada putrinya. Dia kembali mengunggah foto Gigi di sampul Vogue Arab Saudi dan didedikasikan untuk nenek Gigi serta memastikan bahwa anak-anaknya dan cucunya menjaga budaya mereka.

Sempat Dibaptis, Anwar Hadid Pamer Lagi Umrah saat Ramadhan

"Ini adalah untuk Anda, Khair Hadid, saya tahu Anda melihat dari surga. Saya bersyukur dididik, makan makanan Arab, dan mengalami keindahan tradisi Muslim. Saya tahu dia akan sangat bangga melihat cucunya di sampul pertama Vogue Arab," tulis dia dalam akunnya di Instagram.

Netizen lainnya menulis bahwa sebagai seorang Muslimah, dia menolak budayanya dijadikan obyek model untuk mendapatkan ketenaran di dunia Arab. Namun beberapa netizen lain membela Gigi. Dia menyatakan bahwa yang dikenakan Gigi bukan kerudung dan itu tidak bermaksud menyinggung Muslimah yang mengenakan kerudung atau hijab.

Pemimpin Redaksi Vogue Arab Saudi, Deena Aljuhani Abdulaziz sebelumnya menjelaskan, Gigi adalah pilihan klasik untuk menjadi model sampul yang diiinginkan Vogue Arab. Baginya, tidak ada model yang lebih baik untuk menjadi model pertama sampul Vogue Arab selain kekasih Zayn Malik tersebut. "Dia adalah seorang model yang mendefinisikan generasi dinamis dan mandiri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya