Cara Menghindari Masalah Kulit di Musim Hujan

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Saat musim hujan tiba, kondisi kulit akan berubah. Sebab cuaca dingin pada musim hujan cenderung membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga kulit mudah mengalami masalah.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Suhu dingin pada musim hujan juga akan membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi. Beberapa di antaranya, gatal-gatal, berkerak dan kusam.

Karena itu, diperlukan cara untuk mengantisipasi agar masalah kulit ketika musim penghujan tidak muncul. Ahli kulit, dr. Armansjah Dara Sjahruddin, Sp.KK mengatakan bahwa Anda harus melembapkan kulit dari dalam untuk menghindari masalah kulit.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

"Perawatan untuk musim hujan ini sebenarnya tidak terlalu berlebihan. Anda bisa melembapkan diri dari dalam, yakni mengonsumsi air putih yang cukup diimbangi dengan mengonsumsi vitamin C dan E," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Setelah itu, dia menambahkan, juga perlu melembapkan kulit dari luar. Anda bisa menggunakan pelembap kulit untuk mencegah kekeringan secara rutin.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Hindari pula memakai sabun wajah dengan kandungan terlalu keras atau menggunakan bahan pengawet. Sebaiknya, saran dia, pilih sabun ringan tanpa kandungan gliserin, yang dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Kendati musim hujan, bukan berarti Anda melewatkan pemakaian tabir surya. Sebab pada saat musim dingin, matahari juga dapat merusak kulit.

"Saat musim hujan, pemakaian tabir surya juga sangat dianjurkan. Gunakan tabir surya ini 30 menit sebelum beraktivitas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya