Hati-hati, Makanan Ini Bisa Merusak Kulit

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA.co.id – Wanita mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan berharga mahal, dengan harapan bisa tetap terlihat muda. Dan ternyata tidak perlu perawatan mahal, cukup memperhatikan apa yang Anda konsumsi di siang hari.

5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Terlihat Tua

Menurut dermatologis terbaik, apa yang Anda konsumsi saat makan siang bisa berdampak besar pada kulit Anda. Pilihan yang salah bisa menyebabkan munculnya keriput, jerawat hingga eksim.

Para ahli terbaik di industri kecantikan telah berbagi saran makanan yang harus Anda hindari saat makan siang, jika ingin mempertahankan penampilan supaya tetap terlihat muda. Pilihan makanan yang sebaiknya dihindari seperti sandwich dan salad couscous.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Dr Yannis Alexandrides, pendiri 111 Harley Street dan perawatan kulit 111Skin, memperingatkan mengonsumsi sandwich dan roti. "Gluten bisa sangat buruk untuk wajah, baik untuk kulit maupun bentuk wajah Anda," kata dia, seperti dilansir dari Daily Mail.

Gluten adalah sejenis protein nabati yang biasa ada dalam menu makan siang, seperti roti dalam sandwich, couscous dalam salad. Dr Alexandrides mengatakan, itu semua dapat menyebabkan sindrom usus bocor, di mana protein makanan tidak tercerna dan masuk ke dalam sistem peredaran darah.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Hal itu bisa meningkatkan respons inflamasi dan dapat menyebabkan pembengkakan wajah serta mempengaruhi pigmentasi di kulit. Alternatif pengganti makanan ini, yakni nasi kembang kol dan sayuran yang dapat dibuat pasta.

Selain sandwich dan salad couscous, yang sebaiknya dihindari adalah yoghurt. Dr Lancer, yang bekerja dengan klan Kardashian, percaya bahwa yoghurt adalah salah satu pilihan terburuk bagi Anda yang rentan terhadap jerawat atau kulit berminyak, lantaran susu cenderung meningkatkan produksi minyak dan sebum dalam tubuh.

Dr Nicholas Perricone, MD, FACN, sepakat mengenai hal itu. "Ketika kadar gula darah dan insulin naik, akan terjadi peningkatan bahan kimia inflamasi dalam level sel. Ini menyebabkan penyakit inflamasi seperti jerawat memburuk secara dramatis," tuturnya.

Di samping itu, pisang juga sebaiknya dihindari. Ahli spesialis kulit, Nataliya Robinson mengatakan, karbohidrat sederhana seperti pisang matang sebaiknya tidak dipilih dan menyarankan untuk menambahkan makanan berdasarkan protein untuk menu makan siang.

Dia menuturkan bahwa kulit membutuhkan asam amino setiap hari untuk menjaga jaringan ikat. Karena itu, dia menyarankan untuk menghindari karbohidrat sederhana seperti roti, pisang matang dan yoghurt.

Robinson menjelaskan bahwa ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat akan menaikkan kadar gula darah. Molekul gula menjadi melekat pada protein kulit dan memperburuk kondisi kulit hingga menyebabkan penuaan dini.

"Cobalah untuk menambahkan makanan kaya protein dalam menu harian Anda. Jika Anda mengonsumsi pisang, cobalah untuk makan kacang untuk mengimbangi karbohidrat sederhana. Makanan berbasis protein untuk menghindari meningkatnya insulin dalam darah Anda," tutur dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya