Mengapa Hasil Perawatan Wajah Tiap Orang Berbeda?

Ilustrasi kecantikan.
Sumber :
  • Pexels/Travis Seera

VIVA.co.id – Memakai produk kecantikan dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kebutuhan penting. Sebab, merawat kulit secara rutin dapat menjaga keindahan kulit dalam waktu yang panjang.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Namun, tahukah Anda bahwa keberhasilan dalam menggunakan produk perawatan kecantikan tergantung pada bagaimana cara Anda menggunakannya. Untuk itu wajar bila ada perbedaan hasil antara satu orang dengan yang lainnya dalam menggunakan satu produk yang sama.

Menurut dokter Armansjah Dara Sjahruddin, hal tersebut disebabkan karena respons bahan kimia dari tubuh masing-masing orang mengalami perbedaan.

Gemes Banget, Ge Pamungkas Buka-bukaan Gemar Merawat Kulit: Muka Itu Termasuk Aset

Pada dasarnya tubuh memiliki siklus sirkadian (jam alami tubuh) selama 24 jam yang sering dipengaruhi oleh kadar hormon dalam tubuh, lingkungan, serta produksi melatonin dalam tubuh. Itu ternyata dapat melindungi Anda dari sinar matahari dan menyuplai kebutuhan tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit di malam hari.

"Perlu diketahui, mengapa hasil perawatan wajah pada setiap orang berbeda-beda disebabkan karena respons bahan kimia dari tubuh masing-masing orang mengalami perbedaan konsentrasi. Selain itu, cara pemakaian yang tidak sesuai juga memberikan hasil yang berbeda," ujar Armansjah kepada VIVA.co.id, 18 April 2017.

Nita Gunawan Ngaku Gak Pakai Bedak Buat Wajah Glowing: Cuma Pakai Sabun Rp30 Ribu

Dia menuturkan bahwa penggunaan produk berbentuk gel, lotion dan krim itu mengandung bahan aktif dan bahan nonaktif sehingga memberikan hasil yang berbeda pula pada kulit. Itu juga dapat mempengaruhi daya tembus dan serap pada kulit dilihat dari jumlah atau takaran pemakaiannya. 

Di sisi lain, kulit memiliki sistem yang dinamis, di mana sifat dan kondisinya bergantung pada suhu, tingkat hidrasi, lingkungan, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, kemampuan kulit untuk menyerap bahan-bahan dalam produk dapat sangat bervariasi.

Untuk itu, dia menyarankan bahwa bila Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya tetap dilanjutkan. Hindari tergiur mencoba atau bergonta-ganti produk perawatan wajah karena itu dapat membuat kulit Anda kembali beradaptasi lagi.

"Saya sarankan bila sudah mendapatkan produk yang tepat, Anda bisa melanjutkannya saja dan jangan tergiur hal lain. Itu nanti membuat kulit butuh adaptasi lagi," lanjut Armansjah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya