Cara Menghalau Efek Buruk Sinar Matahari pada Kulit

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA.co.id – Paparan sinar matahari yang terlalu lama pada kulit bisa menyebabkan masalah kulit yang parah. Masalah itu, mulai dari pigmentasi, kulit terbakar, dan yang lebih parah adalah kanker kulit.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Ahli dermatologi dr. Christie Anggana Harijani mengatakan, efek buruk inilah yang membuat kita wajib mengenakan sunscreen setiap hari. Minimal penggunaan sunscreen dengan SPF 30-40 atau paling tinggi 50.

"SPF 50 pada teorinya bisa tahan hingga 12 jam, tapi saya katakan itu kurang stabil. Yang terpenting adalah aplikasi berulang. Kalau aktivitas kita banyak di bawah sinar matahari, setiap tiga jam aplikasi biar didapat manfaatnya," kata Christie kepada VIVA.co.id.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Meski penggunaan sunscreen sering dikatakan bisa memberikan efek samping jerawat, tapi menggunakan sunscreen lebih penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Christie mengatakan, sinar matahari bisa lebih berbahaya dari jerawat karena sinar matahari bisa langsung mengenai lapisan dermis.

"Ini merusak kolagen dan terjadi pigmentasi, kekenduran, juga paling bahaya kanker kulit," ujar Christie.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Jika sudah terjadi masalah pigmentasi pada kulit, Christie menambahkan, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Pertama adalah pemberian bleaching cream. Namun, jika pemakaian krim tidak banyak menolong, barulah digunakan teknologi laser.

Selain penggunaan sunscreen, efek buruk matahari juga bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan seperti buah-buahan sitrus yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C dikatakan bisa mencegah pigmentasi karena paparan sinar matahari.

Yunna Mercier

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Meskipun persaingan dalam industri skincare sangat ketat, beberapa brand lokal Indonesia telah mampu menunjukkan kualitas dan inovasi yang membedakan mereka dari pesaing.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024