Misi Budaya Angkat Batik Lebih Mendunia

Pameran Batik Nusantara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Batik merupakan identitas bangsa yang patut dijaga kelestariannya. Tak pelak, pesona batik yang kini meningkat telah menjadi magnet tersendiri bagi setiap orang.

Bedakan Batik Asli dan Palsu Lewat Hologram

Guna meningkatkan pesona batik, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Menurut Nita Kenzo selaku Ketua Yayasan Batik Indonesia, untuk mengembangkan pasar batik perlu adanya kerja sama dari segala pihak.

Kerja sama tersebut bisa dibentuk dalam misi kebudayaan. Sehingga secara tidak langsung batik mulai dikenal oleh berbagai masyarakat di luar Indonesia.

Perpaduan Cantik Batik dan Cheongsam untuk Imlek

"Saya rasa untuk mengembangkan batik haruslah sering-sering dibawa dalam misi budaya. Ini bisa membranding batik kepada masyarakat tentang identitas Indonesia," ujar Nita kepada VIVA.co.id, Rabu 24 Mei 2017.

Dia menuturkan, agar tidak menjadi kesalahan persepsi sebaiknya bawa atau kenakan batik yang menggunakan teknik tulis atau cap. Sebab bila salah bukan tidak mungkin ini bisa menjadi bahan cemoohan negara lain karena tidak kuat dalam menjaga tradisi.

Tips Memilih Batik untuk Desain Rumah Modern

Kemudian sebisa mungkin pertahankan batik dengan  teknik pewarnaan alam. Cara tersebut bisa menjadi kelebihan kain Indonesia dalam menjaga ciri khas nya. "Kita harus kuat dengan menjaga tradisi kita. Serta tidak lupa kembalikan ciri khas batik dengan pewarnaan alam agar ini menjadi kelebihan kain nusantara kita," ujarnya. (mus)

Pasar Tiban Anne Avantie

Sudah Dimulai, Pasar Tiban Anne Avantie Jual Batik hingga Jajan Ndeso

Lokasi di mal Kota Kasablanka

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2018