Wanita Habiskan Setengah Jam untuk Berdandan Natural

Makeup/riasan wajah.
Sumber :
  • Pixabay/nastya_gepp

VIVA.co.id – Sebuah studi baru mengungkapkan, rata-rata wanita menghabiskan waktu 29 menit mengaplikasikan riasan hanya untuk tampil natural atau alami.

Ada Kabar Baik Buat Milenial dan Gen Z yang Doyan Belanja dan Peduli Penampilan

Sejumlah peneliti menemukan bahwa 86 persen wanita berusaha keras mendapatkan tampilan wajah segar meskipun mereka menggunakan banyak produk kecantikan dengan teknik berdandan yang rumit. Demikian dilansir dari laman The Sun, Minggu, 2 Juli 2017.

Studi itu mengatakan bahwa lebih dari setengah dari 2.000 wanita yang disurvei mengatakan kalau mereka sekarang lebih memilih contouring yang lembut dan warna bibir natural demi terlihat segar dan no make-up atau seperti tak memakai riasan.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Tapi ternyata, untuk mendapatkan tampilan sempurna seperti tak pakai riasan itu membutuhkan rata-rata 10 item make-up dan proses merias. Dan, seperlima dari koresponden mengakui kalau mereka mungkin menggunakan lebih banyak produk kecantikan demi terlihat natural dibandingkan tampilan riasan biasa.

"Mendapatkan tampilan yang natural tidaklah semudah seperti mencuci muka dan menyisir rambut," ujar Sarah Gardner, kepala kecantikan Superdrug yang melakukan studi tersebut.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Studi ini menunjukkan sepertiga koresponden wanita sering menonton tutorial make-up online yang menginstruksikan mereka bagaimana mendapatkan tampilan wajah segar, teknik riasan yang terinspirasi dari sejumlah make-up artist untuk menciptakan tampilan seperti tak memakai riasan.

Concealer, primer, bedak tabur, alas bedak, dan blusher adalah produk yang paling populer yang banyak diaplikasikan wanita di wajah mereka setiap pagi. Sedangkan mata dan bibir ditonjolkan dengan liptint tipis dan eyeshadow, maskara, pensil mata, lipbalm, dan lipstik warna nude.

Untuk mendapatkan wajah sempurna, 35 persen wanita sangat percaya pada penggunaan pelembap dengan SPF, sementara 29 persen merekomendasikan menggunakan dua kali maskara pada bulu mata atas untuk membuka mata.

Lebih dari seperlima wanita juga memilih menggunakan sikat concealer dibandingkan ujung jari untuk menutupi bekas jerawat, dan 16 persen suka membuat contour di garis rambut untuk menciptakan ilusi wajah yang lebih tirus.

Rekomendasi lainnya juga meliputi menyapu leher dengan bronzer dan menggunakan scrub bibir sebelum menggunakan liptint.

Dan meskipun tampilan wajah tanpa make-up umumnya disukai digunakan untuk siang hari, tapi 45 persen wanita juga memilih tampilan riasan yang sama untuk malam hari.

Luar biasanya, sepertiga wanita memberikan suara kalau mereka tidak akan meninggalkan rumah tanpa sapuan riasan sama sekali.

Bahkan enam persen wanita mengatakan tidak akan membiarkan pasangan mereka melihat wajah 'polos' mereka, dan 14 persen mengakui bangun lebih pagi demi mengaplikasikan make-up natural sebelum pasangan mereka bangun.

"Studi ini membuktikan bahwa merasa cantik bukan mengenai seberapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengaplikasikan riasan, tapi bagaimana riasan memberikan kepercayaan diri untuk menonjolkan fitur terbaik Anda," kata Sarah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya