Mahasiswi ITB Buat Minuman Alami Cegah Penuaan Dini

Mahasisi IPB, Afrillia Yenita
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Meski menua adalah hal yang wajar, namun banyak orang yang takut terlihat tua. Apalagi penuaan yang terjadi sebelum waktunya, atau penuaan dini biasanya dipicu oleh radikal bebas yang diakibat dari paparan sinar ultaraviolet, polusi asap rokok dan pabrik, emisi kendaraan bermotor dan konsumsi alkohol.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Untuk mencegah penuaan dini, banyak orang melakukan beragam perawatan. Mulai dengan pergi ke dokter, atau menggunakan produk antipenuaan di pasaran, baik dengan kandungan kimia, atau alami.

Soal produk pencegah penuaan dini, seorang mahasiswi Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Afrillia Yenita berhasil meramu minuman alami yang bisa berfungsi mencegah penuaan dini.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Minuman berkhasiat itu adalah campuran teh hijau dan ekstrak jahe, yang banyak mengandung zat antioksidan.

Antioksidan dapat mencegah kerusakan dan penuaan dini pada sel-sel tubuh. Antioksidan diperoleh dari vitamin E, vitamin C, alphakaroten, dan senyawa flavonoid yang diperoleh dari tumbuhan. Terdapat berbagai macam bahan pangan atau makanan sebagai sumber antioksidan yang baik di alam, seperti sayur dan buah.

Panduan Lengkap dr Reza Gladys untuk Kulit Sehat di Akhir 2023

"Selain buah dan sayur, teh hijau dan jahe juga merupakan antioksidan alami yang mudah diperoleh masyarakat," kata mahasiswi asal Riau tersebut dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 12 Juli 2017.

Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, teh hijau sangat baik untuk mencegah kanker, osteoporosis, kardiovaskuler, aterosklerosis, menyembuhkan penyakit ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan. Selain itu, mencegah penuaan dini, menghilangkan bau mulut, dan sebagai obat pelangsing.

Tak kalah dengan teh hijau, jahe juga banyak mengandung banyak manfaat. Sehingga, perpaduan minuman teh hijau dan ekstrak jahe menjadi minuman yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Hasil temuannya Afrillia dituangkan dalam sebuah esai berjudul Minuman Teh Hijau (Camellia Sinensis) Campur Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) sebagai Munuman Fungsional Alami Mencegah Penuaan Dini (Premature Aging). Esai tersebut berhasil menjadi juara dalam lomba Ormagika Nutrition Education and Scientific Competition (ONESCO) 2016. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya