Solusi Jitu Atasi Kulit Kepala Berjerawat

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jerawat merupakan masalah yang kerap mengganggu penampilan. Tak hanya di wajah dan tubuh, ternyata jerawat juga menyerang kulit kepala.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Sama seperti ketombe, munculnya jerawat di kulit kepala juga meninggalkan rasa gatal dan perih. Dan jerawat yang tumbuh di kulit kepala seringkali dialami wanita berhijab.

Mereka mengalami ketombe atau jerawat karena rambut dan kulit kepalanya lembap akibat sering tertutup. Rambut dan kulit kepala yang lembap tersebut memicu munculnya minyak berlebih.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

"Biasanya para wanita berhijab seringkali mengalami masalah pada kulit kepalanya. Salah satunya seperti jerawat yang mengganggu," ujar dr Ahmad Haykal, SpKK, M. Kes, ahli estetika dari Erha Dermatology saat acara Talkshow Hijab Fashion Clinic Aqua Japan di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 26 Juli 2017.

Dia menuturkan, para wanita tidak berhijab yang malas mencuci rambut pun berpotensi mengalami jerawat di kulit kepalanya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memakai sampo dengan kandungan mentol dan sulfur.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Selain itu, perlu mengontrol kadar stres karena stres juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem produksi hormon sehingga dapat memperbanyak produksi minyak di kulit kepala sehingga menimbulkan jerawat di kulit kepala.

"Penyumbatan folikel juga dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memicu penyumbatan sel kulit kepala dan kadar minyak yang menyumbat pori-pori kulit," ujarnya menjelaskan. (mus)

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil. Hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024