Harmonisasi Batik dan Tenun Jadi Koleksi Berkarakter

Harmonisasi Batik dan Tenun Jadi Koleksi Berkarakter
Sumber :
  • Linda Hasibuan/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Berbicara kain Nusantara memang tidak akan ada habisnya. Ada banyak ragam kain Nusantara, mulai dari batik, tenun dan songket yang berpotensi menjadi koleksi item fesyen yang berbeda.

7 Jenis Batik Menurut Filosofinya, Nomor 4 Banyak Diincar

Hal ini pula yang dilakukan brand Alleira yang terus berupaya mengembangkan dan menawarkan koleksi kain Nusantara, khususnya batik.

Secara spesial, Alleira Batik menghadirkan batik dengan desain motif  tradisional pada acara halal bihalal nasabah Prioritas bank BCA bertempat di Hotel Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta.

Pemerintah Diminta Tetapkan Hari Tenun dan Songket Nasional

Bertajuk Puskala, koleksi yang dihadirkan merefleksikan keindahan, kacantikan, kemeriahan dan sukacita dari para pemakainya. Tidak sekadar itu, motif-motif batik kontemporer yang dipilih pun dipadukan dengan  motif tenun sebagai penanda dari harmonisasi dua unsur seni budaya Indonesia yang sangat berkarakter.

"Pada kesempatan ini Alleira kembali menghadirkan koleksi terbaru bertajuk Puskala. Secara garis besar koleksi ini mengharmonisasikan dua unsur budaya yakni batik dan tenun yang tampak berkarakter," ujar Zakaria Hamzah, selaku Chief Operasional Officer Alleira Batik dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 2 Juli 2017.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Dia menuturkan bahwa tenun yang diangkat adalah dari motif tenun sumba dan sulur sulur bunga  yang memiliki keindahan dekoratif dan desain komposisi motif simetris. Koleksi Puskala ini menghadirkan siluet yang loose dan tegas mengisi rangkaian busana yang dibuat dalam bentuk fitted blouse, wrap skirt, dress, tunic, loose blouse, cardigan dan culottes pants.

Sedikitnya ada 8 koleksi yang ditampilkan dan terbagi dalam 3 sequence busana dewasa. Koleksi ini dibuat dalam gaya yang dinamis dan elegan, dengan beberapa macam style dan warna cerah yang terkumpul dalam kesatuan harmonisasi yang indah.

"Koleksi Puskala menghadirkan motif tenun sumba dan sulur-sulur bunga yang  didesain dengan komposisi motif simetris. Sedangkan yang digunakan didominasi oleh perpaduan warna-warna terang dan juga lembut yang menggambarkan kelembutan dan kekuatan dari para pemakainya," ucap dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya