Pakai Lipstik Tingkatkan Kemampuan Kognitif Wanita

Berhias dengan lipstik.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA.co.id – Lipstik menjadi salah satu kebutuhan kaum wanita, karena dapat menunjang penampilan. Dibanding dengan item kosmetik lainnya, lipstik menjadi kebutuhan paling utama.

Lipstik Tertua di Dunia Berusia 3.700 Tahun Ditemukan di Iran

Hanya dengan memulaskan lipstik, dapat mengurangi efek pucat pada wajah. Dan, lipstik kini menjadi simbol baru yang dapat memberikan kekuatan dan percaya diri kaum Hawa.  

Berbagai riset termasuk yang dilakukan Harvard University, tengah mempelajari efek lipstik. Istilah ini mengacu pada fenomena psikologis, di mana seseorang yang mengenakan kosmetik, tidak hanya merasa fisiknya menarik tapi juga mendapatkan rasa percaya diri, sikap dan kepribadian yang tinggi.

Intip Tren Warna Lipstik 2024, Ini yang Bakal Booming

Dikutip dari India Today, Kamis 3 Agustus 2017, penelitian menyebut bahwa dorongan harga diri juga mempengaruhi kemampuan kognitif kita melalui cara yang positif. Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen psikologis terhadap tiga kelompok wanita.

Sebelum mengerjakan soal, satu kelompok disuruh menerapkan lipstik dan make-up, kelompok kedua mendengarkan sebuah musik. Sementara itu, kelompok ketiga mewarnai gambar wajah manusia. Di antara ketiga kelompok tersebut, mereka yang memakai lipstik dan make-up memberikan hasil yang paling baik.

Makeup Bibir Makin Diminati di 2024, Ini Jenis yang Paling Banyak Diburu

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cogent Psychology tersebut menunjukkan bahwa kelompok wanita yang mengenakan lipstik terbukti mampu mengerjakan soal lebih baik dibanding dua kelompok lainnya. Ini artinya, memakai lipstik membuat wanita merasa lebih cerdas dan meningkatkan kemampuan kognitif mereka. (asp)

Ilustrasi Memakai Lipstik

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Begini Jawaban UAS

Alasannya ada beberapa pendapat di masyarakat bahwa menggunakan lipstik dapat membatalkan puasa. Benarkah demikian?

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024