Produk Perawatan Ini Tak Direkomendasikan Ahli Dermatologi

Tabir surya
Sumber :
  • Pixabay/Beate

VIVA.co.id – Ada banyak produk perawatan yang menjanjikan hasil menakjubkan pada kulit dan penampilan Anda. Meski begitu, tidak semua produk memiliki kandungan aman dan baik untuk kulit Anda.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Untuk itu, sejumlah ahli dermatologi memberikan bocoran tentang produk perawatan apa saja yang sebaiknya Anda eliminasi dari meja rias Anda. Berikut ini produk perawatan yang sebaiknya dihindari dikutip dari Independent.

Tabir surya sintetis

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Liz Earle, ahli kecantikan, menganjurkan agar Anda menghindari produk pelindung sinar matahari yang mengandung benzofenon atau cinnamates. Bahan-bahan ini erat kaitannya dengan kerusakan sel akibat radikal bebas. Liz lebih memilih menggunakan pelindung matahari berbahan mineral seperti oksida seng dan titanium dioksida. Bahan ini lebih aman dan memberikan spektrum perlindungan lebih luas dari UVA-B.

Make-up nonmineral

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Dr Anil dari West London Dermatology Centre mengatakan, make-up nonmineral memiliki bahan penyaring dan isopropil miristat yang bisa menyumbat pori. Sementara make-up mineral mengandung seng dan titanium dioksida. Seng berperan sebagai pelindung dan anti-iritasi, sedangkan titanium dioksida berperan sebagai tabir surya.

Produk yang mengandung phthalates

Memiliki kaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara, phthalates, seperti bahan kimia yang ditemukan pada beberapa produk hairspray dan cat kuku, bisa menyebabkan kecacatan pada janin.

Bahan-bahan yang harus diperhatikan adalah diethylphthalate (DEP) yang digunakan sebagai pelarut fiksatif pada pengharum, dibutylphthalate (DBP) yang digunakan sebagai peliat pada produk kuku, dan dimethylphthalate (DMP) yang digunakan pada hairspray untuk membuat rambut tidak pecah.

Exfoliator kasar

Exfoliasi atau mengangkat kulit mati, memang baik untuk kulit. Tapi, ada beberapa merek yang mengandung tekstur kasar yang bisa merusak permukaan kulit Anda. Pilihlah produk yang lebih lembut, yang terbuat dari bahan alami.

Dr Anil menyarankan, produk yang mengandung AHA karena dapat mengangkat kulit mati dan menguatkan kulit. Selain itu, produk ini membantu mengangkat kotoran dan meningkatkan tekstur kulit.

Produk apapun yang mengandung pewangi

Produk yang mengandung pewangi tidak penting, justru bisa membuka jalan bagi berbagai kotoran yang bisa mengiritasi permukaan kulit dan menimbulkan reaksi alergi. Bahkan minyak esensial alami juga harus dihindari jika perlu.

Liz Earle menyarankan, produk ini merupakan satu di antara alergen kulit paling umum. Alami tidak selalu sama dengan aman, dan Anda jangan percaya kebalikannya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya