Mendesain Baju Tak Sulit, Begini Caranya

Karya mahasiswa LaSalle College Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Pemahaman dalam mendesain busana seringkali membingungkan. Padahal, mendesain busana tidak akan sulit jika tahu triknya.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Shinta Djiwatampu selaku Fashion Design Program Director LaSalle College Jakarta mengatakan, bahwa dalam membuat pola baju atau busana harus memerhatikan bentuk tubuh. Sebab sempurna atau tidaknya baju buatan bergantung dari detail pola baju yang dibuat.

Cara membuat pola baju tidak sesulit yang dibayangkan. Anda cukup menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti gunting, kertas, pensil, dan penghapus.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

"Intinya, pola yang telah dibuat akan menjadi acuan dalam pembuatan baju agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatannya, khususnya saat proses pemotongan kain. Pertama-tama, siapkan gunting, kertas, pensil, dan penghapus," ujar Shinta kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 10 Agustus 2017.

Dia menuturkan, untuk membuat pola mulailah dari pola dasar yang meliputi bagian bahu hingga ke bagian pinggang. Selanjutnya buat pola dasar bagian bawah yang diukur mulai dari pinggang hingga ke lutut atau diteruskan sampai ke mata kaki.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Bila menggunakan lengan, buatlah dengan membentuk bagian yang meliputi lengan atas hingga siku untuk lengan pendek. Sedangkan untuk lengan panjang dapat diteruskan hingga ke pergelangan tangan.

Berbeda dengan pola dasar bagian atas dan bawah, pola badan atas dan pola badan bawah diaplikasikan dalam pembuatan baju terusan atau gaun. Itulah empat pola dasar yang umum berada di setiap pola baju yang akan dibuat. (mus)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024