Jangan Cuek, Begini Cara Rawat Kulit Wajah untuk Pria

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/Nastya

VIVA.co.id – Perawatan wajah tidak melulu dilakukan oleh wanita. Kaum pria pun juga sebaiknya tidak abai dengan masalah wajah. Wajah yang segar tentu tampak lebih menarik ketimbang wajah kusam, akibat terlalu cuek dengan penampilan wajah. 

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Bagi Anda, pria yang sudah rutin melakukan perawatan wajah, sebaiknya teruskan kebiasaan Anda. Bagi yang ingin mencoba untuk mulai peduli terhadap kulit wajah, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dilansir dari laman Huffington Post, Minggu, 10 September 2017.

Pilih pembersih wajah yang cocok dengan kulit wajah

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

"Penting untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan mampu mengangkat kotoran dan minyak di wajah," ujar Dr. Howards Brooks, dermatolog asal Washington DC. 

Menurut Dr. Amy Wechsler yang juga seorang dermatolog, sebaiknya hindari penggunaan sabun berbahan keras atau mengandung scrub, dan menggunakan air yang sangat super panas saat membasuh wajah. Hal ini akan membuat wajah semakin kering. Jika kering, kata dia, kulit wajah akan tampak keriput dan terlihat lebih tua.

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Jangan sepelekan pisau cukur

Menurut Thomas Cheung, ahli barber di The Art of Shaving Tyson Corner Center, McLean, Amerika Serikat kebanyakan pria akan bercukur lima kali dalam seminggu. 

"Pisau cukur dengan kualitas baik lebih tahan lama. Pilih pisau cukur yang sesuai dengan sensitivitas kulit dan tipe kumis," ujar Cheung.

Sebaiknya tidak mencukur dengan pisau cukur dengan mata pisau ganda. Dr. Wechsler mengatakan bahwa Anda akan cenderung mengalami razor burn dan hasil cukur tidak maksimal.

Jangan lupa gunakan shaving gel agar mencukur menjadi lebih aman. Lakukan segera setelah mandi karena rambut wajah akan lebih lembut setelahnya.

Gunakan after-shave setelah bercukur

After-shave berguna untuk menghidrasi dan melembutkan kulit. "Sebaiknya pilih after-shave yang bebas alkohol karena alkohol hanya akan membuat kulit menjadi kering," ujar Cheung.

Pakai pelembap

Tidak ada salahnya menggunakan pelembap. Pelembap tidak hanya untuk wanita, pria juga dianjurkan menggunakan pelembap. Anda tentu tidak mau kulit wajah terasa kasar, bukan?

Jika masih malu ketahuan menggunakan pelembap, pilih pelembap tanpa aroma.

Gunakan tabir surya

Sekali lagi, tabir surya diperuntukkan bagi pria dan wanita. Manfaatnya pun sama, melindungi Anda dari efek buruk cahaya matahari, karena matahari tak selalu ramah. Gunakan tabir surya setiap saat Anda akan beraktivitas di luar ruangan.

Ketahuilah, pria dan wanita yang tidak menggunakan tabir surya memiliki risiko terkena dampak buruk cahaya matahari seperti iritasi, kulit kemerahan hingga kanker kulit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya