Busana Batik Ivan Gunawan Dipamerkan di Taiwan

Busana batik karya Ivan Gunawan
Sumber :
  • instagram.com/taiwanexcellence

VIVA.co.id – Pada Maret lalu, Ivan Gunawan diajak berkolaborasi oleh Kamar Dagang Taiwan, atau Taitra, mendesain busana batik dalam Taiwan Excellence. Dan, sebagai ikon Taiwan Excellence, batik Ivan Gunawan telah dipamerkan di Taiwan.

Tangis Angelina Sondakh Hirup Udara Bebas, Isi Amplop Ivan Gunawan

"Ini sebagai apresiasi dan kebanggaan, karena ada orang dari negara lain yang mau datang ke Indonesia mencari untuk seragam jadi identitasnya dan pilih saya," kata dia, saat konferensi pers Taiwan Excellence x Ivan Gunawan di Kawasan Jakarta Pusat, Senin 25 September 2017.

Dia telah melakukan sesi pemotretan untuk Batik Taiwan Excellence yang dipadukan dengan suasana alam dan budaya Taiwan. Karyanya dengan tema East Goddess, atau Dewi Timur juga dipamerkan dalam sebuah perhelatan fashion show di Taiwan.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Koleksinya tersebut terinspirasi dari sejarah budaya Indonesia dan Taiwan, yang memiliki kemiripan. Dia pun mengambil motif megamendung dari Cirebon, yang disadur menjadi satu dan melambangkan kedekatan antara Indonesia dan Taiwan yang memiliki kedekatan sejarah.

"Kalau di Taiwan itu look-nya oriental, kayak kita di pesisir. Lagi pula, kita punya sejarah nenek moyang yang mirip karena keturunan China banyak yang datang ke Indonesia," ujar dia.

Mesra, Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Posting Foto Harmonis

Selain itu, motif megamendung itu pun dilambangkan sebagai persahabatan kedua negara yang memiliki hubungan tanpa batas layaknya awan yang tak berujung. Desainer dengan panggilan Igun ini berharap, busana batik yang dibuatnya bisa menambah kewibawaan yang memakainya.

Sementara itu, Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Danny Liao menjelaskan, batik ini akan membuat orang ingat dengan Indonesia. Karena itu, ia berharap budaya Indonesia dan Taiwan yang menyatu dalam East Goddes Batik ini dapat melebur dengan baik.

"Semoga kerja sama antara Indonesia dan Taiwan ,juga bisa semakin meningkat di berbagai bidang kehidupan masyarakat," ucap Liao.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya