Amankah Facial Ketika Menstruasi?

Ilustrasi Perawatan Wajah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Facial menjadi salah satu jenis perawatan wajah yang umum dan sering dilakukan oleh wanita. Perawatan ini pun dianggap mampu menjadikan wajah mulus, bersih, dan segar.

The Secret of Korean Women's V-Line Facial Beauty

Di luar manfaatnya, ada anggapan, ketika wanita tengah mengalami masa menstruasi, perawatan wajah seperti facial tidak boleh dilakukan. Benarkah?

Mengenai hal ini, dr. Fitria Amalia, Sp.KK mengutarakan bahwa melakukan perawatan facial saat atau tidak menstruasi sebenarnya tidak akan memengaruhi kondisi kulit seseorang.

Alasan Mario Dandy Ajak Shane Lukas Aniaya David Ozora: Gabut, Tunggu AG Lagi Facial

"Tidak begitu berpengaruh untuk hormonal, apakah melakukan perawatan ini ketika sedang menstruasi atau tidak," ungkapnya saat dikonfirmasi VIVA.co.id di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Katanya, melakukan facial ada baiknya dilakukan saat kondisi wajah tidak dalam keadaan berjerawat atau sedang mengalami masalah kulit seperti eksim.

Bisa Rusak Kulit, Membersihkan Komedo Tak Boleh Sembarangan Dilakukan Sendiri

"Jadi kalau mau facial harus keadaan kulitnya siap untuk di-facial. Dalam arti tidak dalam keadaan jerawat yang meradang. Kalau radang diobatin dulu. Infeksi enggak boleh," paparnya.

Ia pun mengatakan, waktu ideal untuk melakukan facial agar hasil maksimal, tergantung dari kondisi kulit wajah seseorang.

"Kalau komedo genik, kalau dia perawatan yang tepat dua tiga bulan cukup, kalau misalnya untuk kulit kering, enam bulan sekali cukup, tergantung situasi kulit. Skin care-nya mencakup komedo sudah cukup facial setahun sekali oke kalau sudah cukup dari itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya