Ingin Beli Berlian, Perhatikan Hal Ini

Perhiasan berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA – Mengetahui kualitas berlian incaran adalah hal penting. Sebab, tak sedikit orang masih salah persepsi dengan kualitas berlian yang ada di pasaran.

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Diamond Expert Gemological Institute of America Devi Chayadi mengatakan, kualitas berlian dapat dilihat dari cara berlian memantulkan sinar. Tidak hanya bentuknya saja yang terlihat, tetapi kualitas potongan berlian tersebut juga harus memantulkan cahaya sempurna.

Untuk menilai kualitas potongan suatu berlian, proporsi berlian menjadi standar utama yang digunakan untuk mengevalusi seberapa baiknya potongan tersebut. Kemudian dari proporsi itu dapat terlihat cara berlian berinteraksi dengan cahaya yang menciptakan efek warna pelangi atau warna putih.

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Sintetis

"Jadi untuk mengenal kualitas berlian itu bisa melalui cut atau potongan. Semisal berlian tersebut memantulkan cahaya sempurna dan menciptakan efek warna pelangi atau warna putih maka berlian tersebut berkualitas baik," ujar Devi pada saat acara Greatest Love Jewelery Fair 2017 di kawasan Jakarta Barat, Kamis, 19 Oktober 2017.

Selanjutnya dia menuturkan, bisa juga dilihat dari kualitas warna. Semakin jernih dan sedikit warna yang terlihat maka semakin tinggi pula kualitas suatu berlian. Berlian yang dianggap sempurna tidak memiliki rona warna, bersih dan murni seperti setetes air.

Berlian Laboratorium Tak Kalah dengan Hasil Alam, Intip Keunggulannya

Kemudian kejernihan suatu berlian merujuk pada tidak adanya noda ataupun kecacatan. Semakin bersih suatu berlian maka semakin tinggi nilainya.

Terakhir adalah berat karat (carat). Perhitungan karat didefinisikan sebagai 200 miligram per karat. 

"Kualitas berlian lainnya bisa dilihat dari kejernihannya. Sama perhitungan bobot karat yang didefinisikan sebagai 200 miligram per karat." (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya