Sentuh Wajah Bisa Picu Munculnya Jerawat?

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA – Pernahkah Anda sadar, bahwa Anda terlalu sering memegang wajah setiap saat? Entah itu menggaruk di beberapa area wajah atau sekadar mengusap wajah.

Waspada, Kebiasaan Ini Penyebab Munculnya Jerawat

Jika iya, sebaiknya Anda harus menghentikan kebiasaan itu. Mengapa? Karena ternyata asumsi yang beredar di masyarakat bahwa sering memegang atau menyentuh wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat, itu benar.

Hal ini dibenarkan oleh ahli kulit, dr. Fitria Amalia, Sp.KK. "Sering menyentuh wajah bisa jadi faktor risiko (menyebabkan jerawat)," katanya kepada VIVA.co.id.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Dia menjelaskan, hal itu akibat tangan yang digunakan untuk mengusap atau menyentuh wajah tidak steril atau kotor lantaran tangan sering memegang benda apa pun. Tangan yang kotor menyimpan bakteri atau virus,  sehingga memungkinkan terjadinya transfer kotoran, bakteri dan virus ke wajah.

Belum lagi kulit merupakan daerah yang sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar. "Karena kulit kita mengandung bakteri normal. Kalau kulit kita berminyak, kita garuk-garuk dan kita pegang, itu menjadi peluang membuka pintu masuk bakteri," ujarnya menjelaskan.

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari kebiasaan sering menyentuh wajah sejak saat ini. Atau jika terpaksa karena wajah gatal, gunakan tisu atau cucilah tangan sebelum menyentuh wajah. (mus)

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing

Begini Cara Mengatasi Jerawat di Bibir Kemaluan

Kebersihan yang kurang terjaga menjadi salah satu penyebabnya.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2017