Perias Pengantin Kahiyang Ayu Jalani Ritual Khusus

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution
Sumber :
  • Instagram Kahiyang Ayu

VIVA – Perias asli Solo, Endang Soendari Soemaryono dipilih untuk merias putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu dan calon suaminya Bobby Nasution dengan riasan adat Jawa klasik. Sebelum mendandani calon pengantin, perias yang kerap dipanggil dengan nama Bu Maryono ini melakoni ritual khusus. 

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Ibu Maryono, demikian sapaannya, melakoni profesi perias sejak 1982. Ia sudah wira-wiri ke luar daerah untuk melayani jasa rias Jawa klasik.  "Otomatis ada ritual dan laku khusus," kata Bu Maryono, Senin, 6 November 2017. 

Ia mengungkapkan, ritual yang dijalaninya hanya melakukan puasa Senin dan Kamis. Semua itu dilakukannya untuk memohon kepada Yang Kuasa agar semuanya berjalan dengan lancar.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Perias pengantin Kahiyang ayu, Ibu Maryono

 "Pokoknya kita tidak lepas untuk selalu memohon kepada Allah SWT. Sedangkan untuk puasa Senin-Kamis itu telah dilakukan selama bertahun-tahun. Tidak ada pengantin pun tetap puasa," tuturnya.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Laku prihatin tersebut, menurut dia, tidak hanya dilakukan saat akan merias putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution, tapi juga kepada siapa saja yang akan menikah dan menggunakan jasa meriasnya.

"Siapa pun yang akan dirias, saya selalu melakukan prihatin serta melakukan puasa Senin-Kamis," ujar perias yang kini berusia 80 tahun ini.

Endang Soendari Soemaryono dipilih keluarga Presiden Jokowi untuk merias Kahiyang Ayu pada pernikahannya. Ia akan merias Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di semua semua prosesi acara pernikahan, mulai dari siraman, midodareni, ijab panggih, dan resepsi. 

Saat siraman dan midodareni sesuai dengan sebagaimana mestinya. Saat akad dan ijab panggih menggunakan konsep Putri Solo klasik. Sedangkan saat resepsi mengenakan konsep basahan ala Keraton Solo. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya